Dibagi 3 Tahap, Ini Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Kabupaten Pasuruan Tahun 2022

691

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pelaksanaan ibadah haji tahun 1443H/2022M mulai memasuki fase pemulangan jemaah haji Indonesia dari tanah suci kembali ke tanah air. Di Kabupaten Pasuruan, ada tiga fase pemulangan jemaah haji.

Menurut informasi yang di dapat,Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja (daker) Makkah ada sebanyak 114 penerbangan akan dilakukan dalam proses pemulangan jemaah haji Indonesia. Oleh karena itu, Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan mulai mempersiapkan kepulangan jamaah haji.

Syaihul Hadi, Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus pada penyambutan kepulangan jamaah haji.

“Untuk kepulangan jemaah haji nanti ada tiga tahap,” katanya Syaihul saat dikonfirmasi Wartabromo.com, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga :   Pelaku Penculikan Bayi Dua Bulan Diduga Berjumlah 3 Orang

Berikut adalah data rencana kepulangan Jemaah haji Kabupaten Pasuruan :

1. Kloter 14 dengan jumlah jemaah 24 tiba di Bandara Juanda, Minggu (24/7/2022) sekitar pukul 20.10 WIB.
2. Kloter 16 dengan jumlah jemaah 188 tiba di Bandara Juanda, Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 03.20 WIB.
3. Kloter 17 dengan jumlah jemaah 445 tiba di Bandara Juanda, Kamis (28/7/022) jam 06.55 WIB.

Seperti halnya pemberangkatan, titik kepulangan jamaah haji tersebut berada di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing. Namun, untuk Jemaah yang tidak melalui KBIH kepulangannya langsung dengan penjemputan di bandara.

”Jemaah yang pulang juga ada prosedur pengecekannya. Prokesnya nanti sampai asrama haji akan di-swab PCR,” tuturnya.

Baca Juga :   Kejari Pasuruan Diminta Telusuri Aliran Duit Pemotongan BOP Kemenag

Jika jemaah haji hasil PCR-nya positif, mereka diwajibkan karantina mandiri di daerah masing-masing. Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan tempat karantina bagi jemaah yang positif. (don/may)