PKB-Demokrat ‘Mantab’ Usung Irsyad-Gaga ?

420
Foto : Dokumen/wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Menjelang Pilkada 2013 mendatang, berbagai upaya pendekatan telah dilakukan oleh sejumlah partai untuk saling berkoalisi mengusung calon Bupati maupun calon wakil Bupatinya bertarung dalam perebutan kursi Bupati Pasuruan 2013-2018 mendatang.

Partai yang kian getol merapatkan barisannya adalah Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Pasuruan. Setelah turunnya surat rekomendasi DPP PKB untuk Irsyad Yusuf sebagai Calon Bupatinya, PKB kini mulai banyak didekati oleh sejumlah partai yang ingin memasangkan kadernya berdampingan dengan adik kandung Gus Ipul, Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut. Salah satunya adalah Partai Demokrat Kabupaten Pasuruan.

Kabar terkait pencalonan Riang Kulup P atau Gaga sebagai Calon Bupati yang akan diusung oleh Partai Demokrat beberapa waktu lalu perlahan mulai ditepis oleh sejumlah fungsionaris Partai berlambang segitiga berlian tersebut. Baca juga : Demokrat Usung Gaga Bupati, Dade Wabupnya ?

Trisno Sudigdo, Sekretaris DPC Partai Demokrat mengatakan, dalam berpolitik segala sesuatu memang bisa saja terjadi, termasuk mengusungkan calon Bupatinya sendiri. Namun demikian, Tokoh Masyarakat suku tengger tersebut mengaku, hingga saat ini pihaknya masih melakukan konsolidasi dan komunikasi intens terhadap partai lain atas pencalonan Riang Kulup Prayudha sebagai bakal calon Wakil Bupati Pasuruan dan Bukan Bupati seperti yang sempat beredar.

“Belumlah, itu masih sebatas komunikasi saja,”ujar Trisno pada wartabromo.

Diakuinya, komunikasi dan pendekatan memang kerap dilakukan terhadap sejumlah partai  terutama Partai Kebangkitan Bangsa yang akan mengusung Irsyad Yusuf sebagai calon Bupatinya.

“Ya, paling intens memang dengan PKB,” tegasnya yakin.

Keakraban PKB dengan Demokrat memang tak bisa dipungkiri, keberadaan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa, Irsyad Yusuf yang sudah mengantongi surat Rekomendasi dari PKB tentu bisa dijadikan pilihan ‘aman’ bagi Partai Demokrat untuk memasangkan ‘jagonya’ bergandengan dengannya dalam Pilkada mendatang.

Koaliasi PKB-Demokrat makin terlihat dengan minimnya sosok calon Wakil Bupati Pasuruan yang muncul kepermukaan menyusul pencarian pasangan yang sedang dilakukan oleh Irsyad Yusuf.

“Semua tentu akan kembali pada kebijakan partai,”jawaban Irysad Yusuf saat ditanyai soal rencananya jika digandengkan dengan Riang Kulup (Gaga).

Lebih dari itu, Koalisi PKB-Demokrat makin mudah dilakukan mengingat keakraban kedua tokoh muda yakni Yusuf Danial  (Fungsionaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan) yang juga suami Ketua DPC Partai Demokrat, Rias Evi Zainal Abidin dengan Irsyad Yusuf selaku calon Bupati yang akan diusung oleh PKB sudah berlangsung cukup lama.