Peringati Tahun Baru Islam, Ribuan Jama’ah Aswaja Keliling Kota

615
Pawai Ta'aruf - Para santri tampak gembira merayakan Tahun Baru Islam 1435 H / eml
Pawai Ta’aruf – Para santri tampak gembira merayakan Tahun Baru Islam 1435 H / eml

Bangil (wartabromo) – Tahun Baru Hijriah 1435 diperingati oleh Ribuan jamaah Ahlusunnah Wal Jamaah (Azwajah) Bangil menggelar Pawai Ta’aruf, yang diikuti 2700 peserta dari berbagai ormas seperti Nahdhatul Ulama (NU), Al Irsyad, PERSIS Bangil, Muhammadiyah dan FPI (Front Pembela Islam) Kabupaten Pasuruan.

Nurkholis Musytari, Ketua Umum Azwajah Bangil menyebutkan, para peserta tersebut bukan hanya berasal dari sekitar bangil melainkan meluas sampai dari Sidoarjo dan Gresik serta umat islam yang ingin memeriahkan Tahun baru islam 1435 Hijriyah.

“Ada yang anak-anak, tapi kebanyakan memang para remaja dan orang dewasa. Kami ingin memperlihatkan bahwa tahun baru hijriah adalah momentum untuk mengembalikan islam ke jalan yang benar sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist Nabi,” ujar Nurkholis pada wartawan, Selasa (5/11/2013).

Baca Juga :   Hari Pertama Kerja, Pejabat Pemkab Pasuruan Diingatkan Transparansi Anggaran

Menurutnya, pawai ta’aruf tersebut sudah dilaksanakan selama 8 tahun berturut-turut da untuk tahun ini memiliki jumlah peserta paling banyak.

“Mungkin inilah yang namanya persaudaraan umat islam. Bukan atas undangan, tetapi spontan ikut menyemarakkan,” tambahnya.

Berdasarkan pantuan wartabromo, ribuan peserta pawai berkeliling Kota Bangil sejak pukul 07.00 wib dengan melewati 18 rute, yakni mulai dari Masjid Jami’ Bangil, kemudian melewati Al Hambra, Alun-Alun Utara, Simpang Empat Kancil Mas, Perliman, Pegadaian, Yapi Bangil, hingga finish di tengah alun-alun. (eml/yog)