Jelang Unas, Ribuan Pelajar Probolinggo Berebut ‘Air Barokah’

982
ujian-nasional
Para pelajar berebut memasukkan air ke dalam botol / rhd / wartabromo

Kraksaan (wartabromo) – Sebanyak 1000 pelajar yang akan mengikuti  Ujian Nasional di Kabupaten Probolinggo berebut air ‘Barokah’ dari Gus Ali Mustofa putra KH. Suyuti Dahlan asal Malang Jawa Timur.

Para siswa dan siswi dari sejumlah Sekolah Mengengah atas tersebut di kumpulkan di Masjid Ar-Raudlah barat alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (29/3/2014).

Nuris Zamzami, Ketua PC Ansor Kota Kraksaan menyebutkan, mereka memang sengaja dikumpulkan untuk  Istighosah dan do’a bersama jelang UN dengan harapan agar para siswa yang akan mengerjakan UN tersebut agar tidak kebingungan.

“Isyaallah dengan di gelar Isthighosah ini, mengingkatkan kita pada semua hal yang buruk. Serta meningkatkan ke imanan dan ke taqwaan kita pada Allah,”ujarnya.

Baca Juga :   1.000 Pelari Ambil Bagian dalam Pasuruan Bromo Marathon 2016

Usai Istighosah, para siswa kemudian berebut air yang sudah dibacakan do’a Istighosah dengan harapan mendapatkan berkah agar mampu menyelesaikan ujian nasioanl yang akan di gelar nanti.

Mereka berebut air Barokah itu, kemudian dituangkan pada botol yang sudah di menyediakan sebelumnya. Selain diminum, air terebut juga diusapkan pada bagian kepala agar bisa di beri kemudahan untuk mengerjakan soal-soal UN.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo saat dikonfirmasi menyebutkan, Ujian Nasioanl untuk tingkat SMA dan sederajat mencapai total 9.628 siswa terdiri atas SMA atau MA sebanyak 6.490 siswa, tingkat SMK sebanyak  2.645 siswa dan SMALB 2 siswa serta  Paket C sebanyak 491 siswa.

Baca Juga :   Tumpas Narkoba, 100 Personil Polisi Siap Terjun ke Lokasi - lokasi Tongkrongan

“Saya yakin lulus 100 persen,” ujar Tutug pada wartabromo. (rhd/yog)