Gempa Goyang Pandaan

1083

Pasuruan (wartabromo) – Gempa berkekuatan 4,9 scala righter terjadi di Samudera Hindia dan getarannya menggoyang Pandaan pada Kamis (10/9/2015) malam. Tepatnya gempa terjadi pada pukul 23, lebih 18 menit dan detik ke 25.

Dari Badan Meteorologi Klimatolohi dan Geofisika Kelas II Tretes di Pandaan, diketahui pusat gempa terjadi di titik koordinat 8.69 Lintang Selatan (LS) dan 112.57 Barat Timur (BT). Tepatnya di Samudera Hindia, 53 kilometer (KM) Barat Daya Kabupaten Malang.

“Pada kedalaman 21 KM dan skala intensitas (MMI) di Pandaan sebesar 2 MM. Kalau di Malang, untuk lokasi yang dekat dengan pusat gempa, getarannya mencapai 3 hingga 4 MMI,” Dwi Wahyudi, Staf Operator BMKG Tretes kepada Warta Bromo, Jumat (11/9/2015).

Baca Juga :   Gorong-gorong Tol Diduga Jadi Penyebab Gempol Kebanjiran

Dengan skala intensitas sebesar 2 MMI tersebut, goyangan akibat gempa di Pandaan dan sekitarnya, cukup nampak. Terutama sejumlah perabotan yang berada di rumah-rumah warga.

“Lampu dan hiasan-hiasan dinding yang tergantung, bergoyang. Kalau untuk meja dan perabotan yang cukup berat, tidak terpengaruh,” terang Dwi Wahyudi. (hrj/hrj).