Hutan Gunung Welirang Terbakar

795
asap membubung ke udara dari hutan Gunung Welirang yang terbakar

Prigen (wartabromo) -Kebakaran lahan hutan terjadi di Gunung Welirang sejak Selasa (16/9/2015), hingga Rabu (16/9/2015) pagi, makin membesar. Dari kejauhan, asap hitam nampak mengepul dan membumbung tinggi ke udara dari gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto tersebut.

Sejumlah petugas Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo, diberangkatkan ke lokasi kebakaran sejak Rabu kemarin. Namun api masih belum berhasil dipadamkan.

“Lokasi kebakaran di block Macan Mati. Lokasi sulit dijangkau, karena terjal dan berupa jurang yang. Sehingga menyulitkan petugas madamkan api,” kata Iwan Harwiyanto, Koordinator Pengaman Hutan (Pamhut) Tahura R Soeryo.

Selain lokasi yang sulit dijangkau, pemadaman yang dilakukan sejumlah petugas tersebut, dilakukan secara manual. Di tambah lagi, di sekitar lokasi areal yang terbakar, banyak terdapat tumbuhan yang mudah terbakar.

“Lokasi kebakaran banyak ditumbuhi cemara gunung dan alang-alang. Apalagi saat kemarau, tumbuhan mengering dan jadi mudah terbakar” imbuh Iwan.

Agar kebakaran segera padam, pihak Tahura R Soeryo kembali mengirim tenaga tambahan ke lokasi. Mereka adalah para relawan dan warga di sekitar lereng Gunung Welirang.

“Sebanyak 18 orang dari penambang belerang dan warga sekitar lereng gunung. Mereka diberangkatkan ke lokasi untuk membantu pemadaman,” pungkas Iwan. (Egy/hrj)