Penjual Bendera Mulai Penuhi Sudut Kota

783

Pasuruan (wartabromo) – Sebulan menjelang peringatan 17 Agustus, para pedagang bendera mulai bertebaran di sejumlah lokasi di Pasuruan. Para penjual ini menggelar dagangan di pohon-pohon tepi jalan maupun di pagar gerbang masuk ke gang- gang.

Pantauan wartabromo.com, Selasa (19/7/2016), para penjual bendera terdapat di sejumlah lokasi diantaranya Jalan Panglima Sudirman, Jalan Slagah, Jalan Wahidin, dan lokasi lain. Mereka menjual aneka bentuk bendera mulai persegi panjang, umbul-umbul hingga model bunga.

Rata-rata “lapak” mereka masih sepi. Namun para pedagang dengan sabar menanti pembeli.

Penjual bendera yang ada di Kota Pasuruan merupakan satu kelompok pedagang yang datang dari Sukabumi, Jawa Barat. Mereka sengaja datang lebih awal agar para pembeli mengetahui keberadaan mereka.

Baca Juga :   Malam Pergantian Tahun, Pengunjung Bromo Melonjak Drastis

“Dua minggu menjelang agustusan biasanya baru ramai. Biasanya kantor-kantor (instansi pemerintahan) banyak yang beli,” kata Hadi, seorang pedagang di Panglima Sudirman.

Hadi mengatakan ia datang ke Pasuruan bersama sejumlah temannya dan menyebar ke sejumlah lokasi. Mereka menyewa satu rumah selama sebulan untuk menyimpan dagangan dan bermalam. Pekerjaan sebagai pedagang bendera merupakan pekerjaan musiman. Setiap hari mereka bekerja sebagai petani maupun buruh tani. (fyd/fyd)