LP Ma’arif NU Gelar Lomba Nyanyi Ahlal Wathan dan Cerdas Cermat Aswaja

1010

Pasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan bekerja sama dengan Pengurus Cabang LP Maarif Nahdhatul Ulama Kabupaten Pasuruan menggelar Lomba Paduan Suara dan Cerdas Cermat Aswaja serta Wawasan Kebangsaan tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pasuruan, Sabtu (12/11).

Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dan dihadiri oleh Ketua LP Maarif Kabupaten Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, Ketua PCNU, KH Imron Mutamakkin, Rois Surya, KH Muzakki Birul Alim, Kepala Bakesbangpol, Yudha Triwidya Sasongko, dan para peserta lomba.

Ketua Panitia Pelaksana, M Zainurrifan mengatakan, total peserta lomba paduan suara dan cerdas cermat sebanyak 1419 anak, dengan rincian sebanyak 165 peserta cerdas cermat dan 1254 anggota tim paduan suara.

“Lomba kita adakan selama dua hari berturut-turut, yakni sabtu untuk putri dan minggu untuk putra. Kita sengaja menggelar lomba ini, karena kita ingin mengetahui seberapa jauh kemampuan para pelajar dalam hal wawasan kebangsaan dan pemahaman Ahlussunnah Wal Jamaah,” terangnya.

Ditambahkannya, khusus untuk lomba paduan suara, para peserta diwajibkan untuk menyanyikan lagu Ahlal Waton yang merupakan lagu wajib NU, serta lagu Pasuruan Gumuyu yang merupakan lagu ciptaan Bupati Irsyad Yusuf.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf menegaskan, Lomba Paduan Suara dan Cerdas Cermat adalah salah satu kegiatan positif yang dapat menghindarkan siswa dari berbagai perilaku negative yang datangnya dari luar.

“Kita ketahui banyak sekali kasus yang menyebutkan anak-anak sekolah terlibat narkoba, minuman keras, geng motor, tawuran dan lain sebagainya. Kalau mereka punya banyak kegiatan positif seperti paduan suara, menyanyi, belajar kelompok,tadarus Al Qur’an, remaja musholla, band, tari dan lain sebagainya, pasti mereka akan jauh dari perbuatan negative. Untuk itu saya mendukung lomba paduan suara dan cerdas cermat ini, karena ujungnya juga baik, selain menambah wawasan kebangsaan, juga menyalurkan bakat mereka di bidang tarik suara ,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Bahkan, rencananya Bupati Irsyad akan mengundang Tim Paduan Suara SMAN I Pandaan untuk tampil dalam acara Heroik Santri dan Pasuruan Bersholawat yang akan dilaksanakan di Taman Chandra Wilwatikta Pandaan, 19 November 2016 mendatang. (mil/yog)