Ratusan Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah di Darut Taqwa

673
Foto: Istimewa

Purwosari (wartabromo) – Sebanyak 888 siswa madrasah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasuruan di Yayasan Darut Taqwa Purwosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Kamis (8/12/2016).

Foto: Istimewa

Peserta terbagi menjadi tiga golangan yakni Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 138 siswa, Madrasah Tsanawiyah sebanyak 288 siswa dan Madrasah Aliyah sebanyak 462 siswa.

Gelaran kompetisi sains ini melombakan 6 mata pelajaran antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Ekonomi.

Pelaksanaan KSM tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi yang didampingi oleh kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan H Barnoto.

Dalam sambutannya Iswahyudi menyampaikan tujuan KSM untuk mencari bibit-bibit baru yang mampu bersaing. Ia juga berpesan jangan sampai siswa siswi madrasah kalah dengan anak – anak yang sekolah di SD dan SMP, karena madrasah dengan sekolah saling berkompetisi dan mempunyai keunggulan masing-masing.

“Kalian jangan kalah dengan anak yang sekolah SD dan SMP. Harus saling berkompetisi dan mempunyai keunggulan masing-masing,” kata Iswahyudi.

Ia juga menambahkan jika kecerdasan diimbangi dengan pengetahuan agama yang mumpuni dan keimanan yang kuat maka siswa madrasah akan menjadi generasi penerus yang menjadi kebanggaan nusa dan bangsa.

“Jika cerdas dibarengi dengan agamis yang kuat yakinlah kalian akan menjadi penerus yang bisa dibanggakan nusa dan bangsa,” pungkasnya.

KSM ini nantinya akan merebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 untuk semua mata pelajaran yang dilombakan. Untuk tingkat MA sendiri mendapatkan apresiasi berupa voucer dari Kampus Yudharta. (ros/fyd)