Hujan Semalam, 4 Kecamatan di Pasuruan Terendam Banjir

1660

Pasuruan (wartabromo) – Hujan yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan sejak Jumat (15/12/2016) sore hingga malam mengakibatkan 4 Kecamatan di Pasuruan terendam banjir.

Informasi yang didapatkan wartabromo, wilayah yang terdampak banjir antara lain Kecamatan Bangil, Kecamatan Gempol, Kecamatan Beji, dan Kecamatan Rejoso.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Pramana, banjir kali ini lebih di akibatkan oleh intensitas hujan yang mengguyur wilayah Pasuruan tinggi. Selain itu, juga banyak saluran air sungai yang tidak dapat menampung debit air yang tinggi. Disusul, kondisi air laut yang sedang pasang.

“Banjir ini lebih diakibatkan curah hujan lokal yang tinggi, dan juga saluran air yang kecil hingga tidak dapat menampung termasuk saluran buangan dari sawah,” kata Bakti kepada wartabromo.com, Sabtu (16/12/2016).

Baca Juga :   Tak Ada PNS "Misterius" di Pemkab Pasuruan

IMG-20161217-WA0000

Bakti juga menuturkan, ketinggian banjir yang melanda empat kecamatan tersebut berkisar antara 50 – 60 centimeter. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak sampai membuat warga mengungsi.

“Warga tidak sampai mengungsi. Memang ada beberapa air yang sampai masuk rumah untuk saat ini, tapi ketinggiannya tidak signifikan, mengingat rumah warga yang rata rata sudah cukup tinggi dan tidak mengganggu aktivitas warga,” jelasnya.

Sementara itu, untuk wilayah untuk di kalianyar, tambakan Kecamatan Bangil serta Kedungringin dan Kedungboto Kecamatan Beji, air masih belum signifikan surutnya.

“Utuk diwilayah Kecamatan Bangil yakni Desa Kalianyar dan tambakan masih belum surut. Untuk wilayah Beji yang masih belum surut yakni Kedungringin dan Kedungboto. Dari kedua kecamatan tersebut untuk surut masih nunggu air laut surut,” tutupnya.

Baca Juga :   Pemborong RTLH di Kota Probolinggo Bantah Disebut Lalaikan Pekerjaan

Pihak BPBD sendiri saat ini sudah mendirikan posko di Kelurahan Kalianyar untuk melakukan pendataan dan penyaluran bantuan. (ros/yog)