Kuota Haji Pasuruan Bertambah, Yang Pernah Haji Mundur 3 Tahun

1153

Pasuruan (wartabromo.com) – Keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang mengembalikan kuota haji Indonesia ke angka yang normal, yaitu 211.000 jamaah serta pemberian tambahan kuota sebesar 10.000 disambut baik oleh Kemenag Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, kebijakan tersebut berdampak pada kenaikan kuota haji sebanyak 300 orang jamaah untuk Kabupaten Pasuruan.Selain itu, jamaah yang sudah pernah menunaikan ibadah haji akan diundur sampai tiga tahun mendatang.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama, Imron Muhadi mengatakan,  total jamaah yang akan berangkat haji asal Kabipaten Pasuruan meningkat daru 1084 jamaah menjadi 1384 jamaah.

“Untuk tahun ini Alhamdulillah semuanya berjalan normal,” kata Imron.

Menurutnya, para jamaah yang berangkat tahun ini adalah mereka yang sudah mendaftar haji mulai desember 2009 dan 2010.
300 jamaah yang sebelumnya urung berangkat karena pemangkasan kuota 20 persen dari pemerintah Arab Saudi adalah para jamaah yang memiliki porsi tertinggi dengan nomor 1300426319 serta jamaah yang usianya 75 tahun dan ke atas.

Baca Juga :   Mengenal Tulami, Si Penjaga Makam Bupati Probolinggo

“Jadi kalau yang sudah pernah haji, maka diundur sampai tiga tahun. Sedangkan untuk jamaah yang usianya 75 tahun dan di atasnya juga menjadi prioritas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Imron juga menegaskan, dengan adanya penambahan kuota ini, maka daftar tunggu bagi masyarakat yang telah mendaftar tentunya bisa menjadi lebih pendek.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan sosialisasi terhadap pendaftar haji. Hal ini terkait juga dengan kewajiban membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), yang telah dimulai sejak Desember 2016 lalu,” pungkasnya. (mil/yog)