Pemkab Pasuruan Habiskan Anggaran Rp 3,47 M Untuk Bangun Museum Cheng Hoo

1112

Pandaan (wartabromo.com) -Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pariwisata akan membangun museum Muhammad Cheng Hoo yang akan menelan anggaran sebesar Rp 3,477 Miliar melalui APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2016.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Trijono Isdijanto mengatakan, pembangunan Museum Muhammad Cheng Hoo diperkirakan akan selesai pada tanggal 20 Pebruari 2017.

“Pembangunannya mulai bulan agustus 2016 dan akan selesai bulan pebruari 2017. Desain nya memang mirip sekali dengan Cheng Hoo, begitu juga dengan perpaduan warna. Keberadaan museum ini semakin menambah lengkap kawasan wisata religi masjid Muhammad Cheng Hoo,” kata Trijono.

museum cenghoo02

Menurutnya, sebelum mengisi museum dengan segala temuan maupun koleksi budaya asli Kabupaten Pasuruan, pihaknya terlebih dulu akan melakukan kajian dengan beberapa pihak, mulai dari Perguruan Tinggi (PT) sampai tokoh budaya alias seniman dan budayawan.

Baca Juga :   Prabowo - Hatta Menang di Sidogiri

“Kita akan mengumpulkan apa saja sisa-sisa peninggalan Kabupaten Pasuruan yang masih ada. Setelah itu kita kaji dan kita pastikan bahwa temuan itu adalah benar ada di Kabupaten Pasuruan. Barulah kalau sudah, maka akan langsung kita tempatkan di museum ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menegaskan bahwa keberadaan Museum Muhammad Cheng Hoo menjadi satu alternatif tujuan wisata sejarah di Kabupaten Pasuruan, khususnya bagi para kolektor benda-benda bersejarah maupun pecinta dunia arkeolog untuk sama-sama datang ke Kabupaten Pasuruan guna mendukung langkah Pemkab Pasuruan dalam menjaga sisa-sisa peninggalan nenek moyang.

“Museum ini baru pertama, sehingga nanti akan banyak hal baru yang akan kita rencanakan untuk mengembangkan museum ini. Bisa dari catatan-catatan jaman dahulu, batu-batu, keramik, sampai dengan benda-benda yang bernilai sejarah akan kita kaji dan kita tempatkan di museum ini,” ucap Irsyad. (mil/yog)

Baca Juga :   Kepergok Ambil Uang Kotak Amal, Pria Kerempeng Ini Diamuk Massa