Sebuah Rumah Tertimpa Pohon Randu

2007

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah rumah permanen milik Jumiati, warga Desa Sumber Kledung, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, porak poranda pasca ditimpa pohon randu. Beruntung, meski rumah itu hancur, pemilik rumah dan keluarga selamat.

Informasi yang didapat wartabromo.com, peristiwa naas itu terjadi pada Rabu, 21 Maret 2018 sekitar 19.15 WIB. Saat itu, kawasan Dusun Bataan dimana Jumiati tinggal dilanda angin kencang. Hantaman puting beliung itu ternyata membuat sebuah pohon randu berukuran besar yang berada disamping rumah Jumiati, roboh. Naas, Robohnya batang pohon randu itu mengarah ke rumah Jumiati.

“Meski jaraknya sekitar dua puluh meter, ternyata hantaman pohon itu berakibat fatal. Sebab, pohon itu menghantam bagian depan rumah korban,” tutur Kapolsek Tegalsiwalan, AKP Jamal, Kamis (22/3/2018).

Hantaman pohon randu dengan diameter sekitar 80 centimeter itu, membuat kerusakan pada bagian depan. Atap yang terbuat dari genteng itupun porak poranda usai dihantam pohon randu. Rangka atap yang terbuat dari kayu juga ikut patah.

Tak hanya itu, penghuni rumah mengalami luka tertimpa reruntuhan atap. Sebab, ternyata di dalam rumah itu, ada beberapa keluarga Jumiati yang sedang menonton televisi. Sehingga mereka tidak menyadari adanya marabahaya yang mengintai. Akibatnya dua orang, yakni Pur (63) dan Asiyah (7), mengalami luka-luka.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, korban hanya luka ringan dan diobati oleh tenaga medis di desa setempat. Saat ini, warga sudah bergotong royong membersihkan material kayu yang roboh itu,” tandas Mantan Kapolsek Krejengan itu. (cho/saw)