Target 2,5 Juta Kunjungan Wisata, Pemkab Pasuruan Gelontor Rp 2,5 M untuk Infrastruktur

0
371

Pasuruan (waryabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan, lebih tinggi dari tahun lalu 2,3 juta kunjungan. Satu cara untuk ancangan itu, diantaranya dengan gelontorkan Rp 2,5 Milyar untuk perbaiki infrastruktur wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan, Agung Mariyono mengatakan, pihaknya akan membangun dan memperbaiki sejumlah objek wisata. Selain itu, hal lain dengan menyiapkan berbagai event untuk menarik wisatawan.

Perihal perbaikan tempat pariwisata, Disparbud telah siapkan anggaran sebesar Rp 2,5 Milyar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki beberapa fasilitas di Pemandian Alam Banyubiru, Winongan; dan Danau Ranu, Grati. Diketahui kedua tempat wisata itu, belakangan mengalami kerusakan.

Dari anggaran Rp 2,5 Milyar, diungkapkan Agung, sebanyak Rp 1,5 Milyar untuk perbaikan sarana prasarana dan fasilitas di Banyubiru dan Rp 1 Milyar untuk perbaikan fasilitas di Danau Ranu Grati.

“Contohnya di Banyubiru. Ada beberapa fasilitas yang harus diperbaiki, misalnya kamar bilas. Pengecatan juga kami lakukan, belum lagi pavingisasi di jalan menuju lokasi juga kita rencanakan,” terang Agung.

Selain untuk perbaikan, gelontoran anggaran tersebut juga digunakan untuk penerangan jalan hingga pemeliharaan jogging track di sekitar tempat wisata.

“Harapannya tentu saja menambah nyaman para pengunjung, yang ingin menikmati pesona Kabupaten Pasuruan sesungguhnya. Kalau sudah nyaman, ujung-ujungnya pasti ingin datang terus alias ketagihan,” kata pria yang pernah menjabat Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pasuruan ini.

Sementara itu, terkait event-event pariwisata di Kabupaten Pasuruan, Agung juga membeberkan, tahun ini sudah ada beberapa agenda penting yang bisa dikunjungi. Diantaranya, mulai Festival Pesisir Jawa Timur hingga Resepsi Hari Jadi Kabupaten Pasuruan.

“Kalau untuk kegiatannya memang lebih banyak tahun lalu, karena tahun ini berbarengan dengan Pilkada serentak,” ungkapnya. (mil/ono)