KPU Kota Pasuruan Targetkan Pelipatan Surat Suara untuk Pilgub Jatim Rampung Lima Hari

863

Pasuruan (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan sudah mulai melakukan persiapan untuk menyambut pemilihan gubernur Jawa Timur yang akan dihelat kurang dari satu bulan. Saat ini, KPU Kota Pasuruan sedang melakukan proses pelipatan surat suara, Senin (28/5/2018) yang ditargetkan rampung dalam lima hari.

“Kita targetkan rampung lima hari, kalau kurang dari lima hari itu lebih bagus,” Ujar Royce Diana Sari, Komisioner KPU Kota Pasuruan Bidang Keuangan, Umum dan Logistik.

Dijelaskan, jumlah surat suara yang digunakan dalam pemilihan gubernur 2018 di Kota Pasuruan sebanyak 143.152 lembar.

Dalam proses pelipatan surat suara, KPU Kota Pasuruan melibatkan 20 tenaga dalam pengerjaannya. Selain itu pelipatan dilakukan sejak pagi hingga malam hari.

Pengerjaan pelipatan surat suara tersebut dilakukan secara borongan, hal itu bertujuan agar pengerjaan tersebut cepat selesai, sebagaimana target.

Ia juga menambahkan, jika terdapat surat suara yang garisnya putus, gradasi warna tidak sama, ada titik-titik di dalam gambar pasangan calon maka termasuk kategori rusak.

Surat suara yang masuk dalam kategori rusak maka akan disimpan dulu lalu direkap setiap harinya dan dikembalikan ke KPU Provinsi Jawa Timur untuk segera mendapat penggantian.

“Kalau terdapat surat suara yang rusak kita simpan dulu, terus direkap setiap harinya lalu kita minta ganti ke provinsi,” pungkasnya. (trd/ono)