Kyai Sholeh Doakan Emil Dardak Jadi Wagub Jatim saat Berkunjung ke Ponpes Ngalah

3119

Pasuruan (wartabromo) – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, Emil Elistiyanto Dardak, didoakan memimpin Jawa Timur, bergandengan dengan Khofifah Indar Parawansa. Doa berupa harapan itu disampaikan KH Sholeh Bahruddin, saat Emil berkunjung ke Pondok Pesantren Ngalah di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (28/5/2018).

Road show politik dan bersilaturahmi dengan para tokoh dan kyai gencar dilakukan oleh Emil Dardak. Nah silaturahim pendamping Khofifah ini terbilang tak disangka-sangka, berkunjung ke Pondok Pesantren Ngalah. Meski demikian sambutan hangat penuh suka cita ditunjukkan Kyai Sholeh, pengasuh pondok pesantren Ngalah.

Gayeng, begitulah sedikit gambaran pertemuan saat itu. Obrolan dalam suasana hangat penuh keakraban hingga petuah ditujukan kepada Emil, cawagub yang didukung Partai Golkar, Partai Demokrat, Nasdem, PPP dan PAN itu.

“Silaturahmi harus terus dilakukan. Datangi semua para alim ulama dan tokoh masyarakat untuk meminta doa serta restu,” tutur Kyai Sholeh.

Petuah itu bukan tanpa alasan, karena silaturahim, merupakan modal memimpin dan menjalankan amanah yang diemban dari masyarakat Jawa Timur.

Mengejutkannya lagi, sosok Emil Dardak belakangan tidak asing, lantaran Kyai Sholeh memahami silsilah atau latarbelakang Emil Dardak, baik yang di Kabupaten Trenggalek maupun di Kertosono Kabupaten Nganjuk.

“Sesuai tempatnya, Mas Emil ini Sultan dan saya Sunan-nya. Mas Emil silat, saya sila (berdzikir),” ujar Kyai Sholeh sambil tersenyum.

Ulama terbilang panutan masyarakat Pasuruan itu pun, mendoakan sekaligus memberi ijazah (saran), untuk membaca surat Alfatihah sebanyak 11 kali, ditujukan kepada Rosulullah SAW dan Syeh Abdul Kadir Jaelani serta kepada seluruh masyarakat Jawa Timur. Ijazah itu dibaca seusai salat subuh dan maghrib

“Insyaallah keinginan terkabul dan Mas Emil menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur,” tandas Kyai Sholeh.

Sekedar diketahui, Ponpes Ngalah memiliki santri sekitar 12.000 orang, berasal dari berbagai daerah, meski lebih banyak dari wilayah Pasuruan. Sementara keberadaan Emil Elistiyanto Dardak di Kecamatan Purwosari ini cukup berani. Pasalnya, Kabupaten Pasuruan, utamanya Kecamatan Purwosari, merupakan tempat kelahiran sang rival, Calon Gubernur (Cagub) Syaifullah Yusuf. (hrj/ono)