Gudang Buku di Kanigaran Ludes Terbakar

1121
Petugas damkar lekukan pembasahan di puing gudang milik Dadang (41) dan Rindawati, warga RT3/RW4 jalan raya KH. Hasan Genggong, Kota Probolinggo, Senin (27/8/2018).

Probolinggo (wartabromo.com) – Gudang buku di Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, terbakar, Senin (27/8/2018). Beruntung kebakaran tempat yang juga digunakan menyimpan barang bekas di kawasan pemukiman padat itu, tak meluas.

Kebakaran itu menimpa gudang milik Dadang (41) dan Rindawati, warga RT3/RW4 jalan raya KH. Hasan Genggong, Gang Lele, Kelurahan Kebonsari Wetan.

Gudang berisi buku dan barang rumah tangga tersebut terbakar, saat Dadang keluar mengantar barang.

Tak ada yang tahu penyebab pasti kebakaran yang terjadi pada sekitar pukul 11.00 WIB itu. Tiba-tiba, asap tebal dan api besar terlihat dari bangunan tersebut. “Kebetulan saya sedang lewat, api sudah besar. Saya pun langsung memberi tahu Pak Suroso, yang ada di barat bangunan yang terbakar,” ujar Ketua RT setempat, Slamet, Senin (27/8/2018).

Khawatir merembet ke bangunan di kanan kirinya, Slamet kemudian memberitahu dan memanggil warga lainnya. Warga kemudian berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api langsung menghanguskan seluruh bangunan. Lantaran unit pemadam kebaran, datang terlambat.

Saat kejadian, pemilik rumah berada di rumah induk. Tidak ada aktifitas apapun di bangunan semi permanen itu. Syok melihat hartanya terbakar, Rindawati sempat pingsan di rumah tetangganya.

Kobaran api sempat merembet ke rumah warga. Bahkan tetangga Rindawati, Aan (28) tampak histeris karena anaknya berada di dalam rumah. Ia tampak mulai tenang setelah didampingi Tagana dan warga sekitar yang menyatakan, anaknya baik-baik saja. “Beruntung warga sigap memadamkan, sebelum merembet ke rumah saya,” sebut pemilik rumah di sebelah barat lokasi kebakaran, Dwi Tutik Rahayu.

Pihak damkar pun datang dan langsung melakukan pemadaman dan pembasahan pada bangunan yang terbakar. Sejauh ini, pihak terkait masih melakukan penyelidikan, terkait penyebab utama kebakaran ini. Sementara di lokasi kebakaran sendiri, sempat ditemukan satu tabung blue gas.

“Kami kerahkan dua unit Damkar dan alhamdulillah bisa dikuasai setengah jam kemudian. Namun akan dilakukan pembasahan selama satu jam. Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tak segan menghubungi Damkar jika kebakaran melanda,” kata Kepala Teknis Damkar Kota Probolinggo Puspito. (lai/saw)