Terisolir, Siswa SDN Andung Biru 1 Tak Sekolah

826

Probolinggo (wartabromo.com) – Akibat akses jalan tertimbun tanah longsor, puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Andung Biru 1 Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, tak sekolah. Pihak sekolah memberi kelonggaran bagi siswa untuk tidak masuk sekolah selama akses belum normal.

Kepala SDN Andung Biru 1, Gatot Suyanto mengatakan setidaknya ada 50 siswa yang tidak masuk sekolah. Mereka merupakan siswa yang berdomisili di Dusun Kedaton, lokasi terdampak banjir bandang dan tanah longsor. “Ada lima puluhan yang tidak bisa masuk sekolah. Akses jalannya masih tidak bisa dilewati,” tuturnya Rabu (12/12/2018).

Hingga saat ini, proses belajar mengajar di SDN Andung Biru 1 belum normal pasca dilanda banjir bandang. Sejumlah guru, siswa, dan masyarakat bahu membahu membersihkan ruang kelas yang penuh dengan lumpur coklat. Beruntung buku-buku pelajaran dan alat peraga tidak terkena air banjir. Sehingga masih bisa digunakan kembali oleh sekolah.

Baca Juga :   Pengurus AMSI Jatim 2017-2020 Dilantik

Tak hanya ruang kelas, halaman sekolah pun menjadi areal lumpur coklat. “Kalau dampaknya bagi sekolah, banjir kali ini tidak separah banjir sebelumnya di awal tahun lalu. Buku-buku masih bisa digunakan. Kalau banjir yang pertama, tak hanya buku yang rusak, toilet sekolag juga hanyut dibawa banjir,” terang Gatot.

Gatot belum bisa memastikan, kapan puluhan siswa itu bisa masuk kelas. Sebab, hal itu tergantung pada akses jalan desa yang tertutup longsor. “Kami memberi kelonggaran kepada siswa yang terdampak. Hal itu sudah kami laporkan ke dinas,” tandas Gatot. (cho/saw)