Hari Ini Daftar Ulang PPDB 2019, Peserta Wajib Nyatakan Bebas Narkotika dan Tak Bertato

3544
Calon peserta didik baru melakukan registrasi ulang PPDB 2019 di SMAN 2 Kota Pasuruan. Senin, (24/6/2019).

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari ini, peserta didik baru mengikuti proses registrasi atau daftar ulang. Calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pun wajib nyatakan bersih dari narkotika maupun obat-obatan terlarang.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 telah diumumkan Sabtu lalu. Proses registrasi atau daftar ulang Penerimaan dimulai hari ini, Senin (24/6/2019) hingga esok.

Nah, sepertinya ada hal yang harus diperhatikan oleh pelajar di Pasuruan. Mereka, calon peserta didik baru, wajib menyatakan dirinya terbebas dari tindak pidana, penggunaan narkotika, maupun obat-obatan yang dilarang. Bukan hanya itu, calon siswa baru harus tidak bertindik dan bertato.

Keseluruhan syarat itu dituangkan melalui form pernyataan bermaterai cukup, yang telah disediakan panitia.

“Mereka wajib mengisi surat pernyataan bebas tindak pidana dan Narkotika yang ditandatangani di atas materai,” ungkap
Hakkul Yaqin, Ketua Panitia PPDB 2019 SMAN 2 Pasuruan.

Disampaikan Yakin, tahun ini, sekolah yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Kota Pasuruan itu menerima sebanyak 288 calon peserta didik baru.

Ia pun memastikan tidak ada pembukaan PPDB gelombang selanjutnya. Bisa jadi, hal itu lantaran pagu pendaftaran di sekolahnya telah terpenuhi.

“Sesuai pagu, kami menerima 288 calon peserta didik baru,” ungkap Yaqin saat ditemui disela kesibukannya menerima registrasi ulang.

Dari jumlah tersebut, calon peserta didik baru sebelumnya melakukan pendaftaran melalui dua sistem. Yaqin merincikan, sebanyak 210 siswa daftar melalui sistem online dan sisanya melalui sistem semi online.

Yaqin menambahkan, pada proses registrasi ulang ini, calon peserta didik baru mengisi biodata dengan sistem online.

“Pengisian biodata sengaja dengan sistem online karena kami menerapkan paperless, untuk meminimalisir penggunaan kertas ,” imbuhnya.

Ia pun mengatakan calon peserta didik baru lebih banyak yang melakukan daftar ulang di hari pertama.

Seperti yang dilakukan Nur Fitriani, salah satu orang tua siswa yang sengaja mengantar anaknya untuk daftar ulang di hari pertama, agar prosesnya segera selesai.

“Saya antar daftar ulang sekarang, biar kalau ada apa-apa masih ada waktu buat ngurus,” ungkapnya. (ptr/ono)