Tim Panahan Porprov Jatim Dilatih Character Building dan Sparring

2400

Pasuruan (Wartabromo.com)- Persiapan yang dilakukan para atlet Porprov VI Jatim tidak hanya masalah fisik. Hal inilah yang dilakukan para atlet Panahan Kabupaten Pasuruan.

Cabang olahraga (cabor) yang membutuhkan fisik dan fokus ini juga dilatih penguatan mental. Selama dua hari, 23-24 Juni, mereka dilatih pembentukan character building di Bhakti Alam Tutur.

“Latihan ini penting agar para atlet bisa fokus dan memahami karakternya masing-masing,” tegas Gatot Subroto, pengurus Perpani Kabupaten Pasuruan, kemarin.

Tempaan mental selama dua hari ini, lanjut Gatot, juga memompa semangat para atlet untuk membangun karakter sebagai Sang Juara. Mental ini begitu penting, agar para atlet, khususnya Panahan bisa meraih yang terbaik di ajang Porprov VI Jatim, Juli mendatang.

Baca Juga :   Orang Tua Lurug SMPN 1 Kota Pasuruan Gara-gara PPDB, Begini Tanggapan Sekolah

Sebanyak 13 atlet Panahan Kabupaten Pasuruan di-training selama dua hari. Mereka ditempa materi The power of dream, kerjasama tim atau team building activity. Kemudian, night for reflection dan outbound activity.

“Saya dan tim ingin membentuk karakter anak. Open mind. Membuka cakrawala berpikir mereka,” terang Joko, salah satu mentor didampingi Bambang, mentor lainnya.

Selama dua hari itu, para atlet juga diajak refleksi bersama. Mereka diajak untuk merenungi segala kebaikan yang pernah dilakukan. Segala kesalahan yang pernah diperbuat agar tidak diulangi lagi. Dan yang terpenting, mengingat kembali yang pernah dilakukan kepada orang tua.

Dalam sesi ini, para atlet diminta terdiam sambil terpejam. Para mentor pun mengajak mereka refleksi tentang kebaikan orang tua dalam mendiding sang anak hingga dewasa.

Baca Juga :   Emak-Emak di Lumbang Curi Uang Jutaan Rupiah di Toko Kelontong, Terekam CCTV

“Makanya setelah sesi itu, kita minta anak-anak memohon maaf pada orang tua masing-masing. Banyak anak-anak mbrebes mili (matanya berkaca-kaca),” imbuh Riady, manajer tim didampingi Ketua Perpani Kabupaten Pasuruan, Hari Santoso.

Baca: KONI Kabupaten Pasuruan Targetkan 30 Emas di Porprov VI Jatim

Usai training, besoknya para atlet panahan Porprov VI Kabupaten Pasuruan ini juga diajak sparring partner. Latihan bersama dengan para atlet Panahan Kabupaten Probolinggo. Mereka latihan bersama di lapangan Candra Wilwatikta Pandaan.

“Tujuan kami hanya ingin mengasah kemampuan para atlet di luar daerah,” ujar Yuli, pelatih Panahan Kabupaten Probolinggo.

Selama ini, lanjut Yuli, para atlet Panahan Kabupaten Probolinggo belum banyak pengalaman tanding ke luar daerah. Sehingga, para atletnya perlu menjajal kemampuan mereka dengan atlet lain.

Baca Juga :   Banjir Lumpuhkan Pantura Pasuruan, hingga BLT Bagi Pekerja Cair Akhir Bulan April | Koran Online 15 April

“Saya ingin secara mental anak-anak lebih siap menghadapi Porprov VI nanti,” tegasnya. (day/day)