Angker! Warga Capang Pilih Gambar Bung Karno dan Gus Dur di Terowongan Tol

1367

Purwodadi (wartabromo.com) – Ada pemandangan menarik dan berbeda saat melewati terowongan tol di jalan Dusun Semambung Desa Capang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Sejumlah pemuda dusun sedang sibuk menghias dan menggambar dinding beton terowongan dengan beragam bentuk dan model. Salah satunya, ada gambar Proklamator Bung Karno juga mantan Presiden RI, KH. Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Ada pula meme – meme lucu tentang pesan moral seperti korupsi dan sebagainya.

Yang menarik lagi, biaya pembuatan gambar – gambar itu ternyata dikumpulkan secara swadaya dari para pengguna jalan yang melintas.

Kepala Dusun Semambung Desa Capang, Basir menuturkan, ide awal menghias terowongan tol Pandaan – Malang di Dusunnya tersebut menyusul adanya kesan angker dan gelap paska dibangunnya tol, sementara warga harus melewati terowongan setiap harinya untuk beraktivitas.

“Biar kelihatan cerah dan tidak ada kesan angker. Saya mengajak pemuda kampung untuk membuat gambar – gambar ini, ” ujarnya saat ditemui wartabromo.com, Minggu (7/7/2019).

Sebagai pencetus gagasan, Basir hanya menyumbangkan modal sebesar Rp. 100 ribu untuk modal membeli cat, namun lambat laun warga dan pengguna jalan mendukung gagasan tersebut dan turut memberikan sumbangan suka rela kepada para pemuda kampung ini.

“Kami juga menerima bantuan dari para seniman lokal untuk ikut bergabung. Ini masih nunggu mereka ikut terlibat, ” tambahnya.

Sejumlah karya telah dihasilkan seperti meme korupsi, gambar filosofi wayang, sayap bidadari untuk selfie hingga tulisan – tulisan motivasi. (yog/yog)