Trio SAS Bersaing Rebut Posisi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo

2553

Probolinggo (wartabromo.com) – KPU Kabupaten Probolinggo belum juga menetapkan legislator terpilih pada Pemilu 2019. Meski begitu partai Nasdem Kabupaten Probolinggo menyiapkan tiga kadernya, untuk dipilih menjadi Ketua DPRD.

Mereka adalah Supoyo, Andi Suryanto, dan Sumarmi Rasyid alias trio SAS. Ketiganya muncul dalam bursa calon ketua DPRD Kabupaten Probolinggo melalui seleksi calon legislatif (caleg) terpilih. Seleksi dilakukan karena Nasdem memperoleh 16 dari 50 kuota kursi DPRD setempat. Sehingga, Nasdem disebut berhak mendapatkan jatah kursi ketua DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024.

Seleksi itu, menurut Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo, Ahmad Rifa’i, sesuai Peraturan Organisasi (PO) nomor 005 tahun 2019. Pada lasal 3 ayat 2 PO tersebut menyebutkan, DPD Partai NasDem bertugas menyeleksi semua Caleg terpilih. “DPP Partai NasDem akan menentukan siapa dari ketiganya yang layak menjadi ketua dewan,” ungkapnya, Minggu (14/7/2019).

Terkait munculnya trio SAS ini, Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai Nasdem, Hasan Aminuddin, tak memberikan sanggahan. Namun, suami dari Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari ini, hanya menjawab dengan singkat, tidak memastikan dari ketiga kandidat tersebut, siapa yang miliki peluang lebih besar. “Itu saja dulu (informasinya, Red),” kata Bupati Probolinggo periode 2003-2008 dan 2008-2013 ini.

Dari 50 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo, Nasdem mendapat 16 kursi. Kemudian PKB, Golkar, Gerindra, dan PPP sebanyak 7 kursi. Disusul oleh PDIP 5 kursi, Hanura 1 kursi.

Dengan konfigurasi itu, maka Nasdem memiliki peluang besar menyusulkan nama kadernya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo bersama tiga calon wakil ketua dewan, diperkirakan dari Partai Golkar, PKB, dan Partai Gerindra. (cho/saw)