PKB Siapkan 3 Jago Calon Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

1280

Pasuruan (WartaBromo.com) – PKB siapkan tiga nama kandidat Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan. Persiapan dilakukan setelah partai yang diketuai Irsyad Yusuf ini menjadi peraih kursi terbanyak pada Pemilu 2019 lalu.

Calon legislatif (Caleg) terpilih dikabarkan belum juga ditetapkan, lebih-lebih pelantikan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan untuk masa bakti 2019-2024, pun belum terjadwal secara resmi kapan digelar.

Namun demikian, PKB Kabupaten Pasuruan, telah tentukan figur calon yang disodorkan untuk duduk menjabat kursi Ketua Dewan. Nama-nama itu adalah Sudiono Fauzan, M. Yusuf Danial, dan Samsul Hidayat.

Tiga nama yang disodorkan ke DPP PKB itu, merupakan Caleg petahana dan boleh dibilang dedengkot di PKB Kabupaten Pasuruan. Mereka termasuk dalam jajaran pengurus inti PKB Pasuruan.

Baca Juga :   Rabu Malam, Diskusi Bahas Formula CSR yang Terbaik 

“Tentu saja (kriterianya) baik, terus hasil suara di Pemilu. Kebetulan sama-sama sudah tiga kali terpilih,” ucap Sudiono Fauzan disusul tawa, Selasa (16/7/2019).

Di sisi lain, Mas Dion, sapaan akrabnya, mengakui bila saat ini masih menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan. Namun, posisi ini tidak semata menjadi dasar agar dirinya dapat terpilih kembali, menduduki jabatan yang sama di parlemen.

Menurutnya, semua keputusan diserahkan kepada pimpinan di pusat dan ia yakinkan bakal menerima dan menaatinya.

“Saya Sami’na Wa Atho’na,” imbuhnya.

Untuk dapat menempati pos strategis sebagai ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, selama lima tahun mendatang, selain termasuk jajaran pengurus, ada beberapa kriteria lain hingga ketiga nama itu dimintakan rekomendasi ke DPP PKB.

Baca Juga :   Dewan Kabupaten Pasuruan Bentuk Pansus Penanganan Covid-19

“Terutama integritas, pengabdian, dan loyalitas. Kebetulan saya di PKB sejak awal. ’98 mulai jadi ketua Garda, Bangsa” kata Yusuf Danial, terpisah.

Berkenaan dengan keputusan siapa yang bakal terpilih, hal serupa juga disampaikan oleh Daniyal, dengan menyebutkan, sepenuhnya diserahkan ke pimpinan partai di Jakarta. Namun demikian, yang terpenting bagi Danial adalah dari salah satu ketiga nama itu, bila terpilih, bisa memberikan sumbangsih ke masyarakat Kabupaten Pasuruan dan mampu bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Kebetulan Bupati-nya dari PKB. Jadi bagaimana nanti bisa mengemban amanah masyarakat dan menjalin hubungan baik dengan pemerintah,” pungkas Danial.

Belum ada penjelasan waktu, DPP PKB menyerahkan satu nama yang bakal diputuskan untuk “ditarungkan” di gedung DPRD yang berada di Raci ini. Selain penetapan Caleg belum dilakukan, pelantikan anggota dewan periode 2019-2024 diperkirakan juga masih pada Agustus 2019.

Baca Juga :   Sikapi Persoalan Banjir, Dewan Usul Ada Perubahan RTRW di Pasuruan

Baca: Petahana Berkuasa, Ini 50 Nama Peraih Kursi DPRD Kabupaten Pasuruan