PKB Pastikan Sudiono Fauzan Jabat Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan periode 2019-2024

1071
Sudiono Fauzan saat mendampingi Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan usai upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Alun-alun Bangil, Sabtu (17/8/2019).

Bangil (wartabromo.com) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) putuskan Sudiono Fauzan menjadi satu-satunya kandidat Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan. Sedangkan Yusuf Daniyal didapuk menjadi Ketua Fraksi PKB Kabupaten Pasuruan.

Ditunjuknya Sudiono Fauzan, duduki jabatan ketua dewan untuk kali kedua itu, diputuskan dalam Pembekalan dan Baiat Calon Pimpinan DPRD dan Calon Ketua Fraksi PKB se-Jatim di Surabaya, pada 15 Agustus 2019 kemarin.

Sudiono Fauzan (kiri) dan Yusuf Daniyal (kanan) dalam sebuah sesi foto bareng dalam acara Bai’at Calon Pimpinan DPRD & Ketua Fraksi PKB Kab/Kota se-Jatim di kantor PW NU Jatim, Kamis (15/82019).

Ketua PKB Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, bila proses ini telah dilalui melalui mekanisme partai dan ujung keputusan dipastikan sepenuhnya berasal dari DPP.

“DPC hanya merekomendasi dan menghantarkan saja. Partai memutuskan Pak Dion (Sudiono Fauzan) ketua DPRD dan Pak Daniyal, Ketua Fraksi,” terang Irsyad usai upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Bangil, Sabtu (17/8/2019).

Diketahui, tiga nama telah disodorkan ke DPP PKB untuk diputuskan menjadi ketua dewan. Tiga nama itu masing-masing Sudiono Fauzan, Yusuf Daniyal, dan Samsul Hidayat. Mereka, dikatakan Irsyad telah melalui serangkaian proses tahapan administrasi, penilaian loyalitas hingga fit and proper test, secara berjenjang mulai DPW PKB Jatim hingga pusat.

“Jadi sepenuhnya dari DPP,” tandas Gus Irsyad, sebutan akrabnya.

Terkait rangkaian mengisi alat kelengkapan lain pada struktur DPRD Kabupaten Pasuruan nanti, ia menegaskan tidak akan mencoba pengaruhi. Ia bakal menghormati kewenangan yang dimiliki legislatif, hingga nanti dapat bersama-sama membangun Kabupaten Pasuruan untuk lima tahun mendatang.

“DPRD punya kewenangan dan kebijakan tersendiri, saya tidak akan intervensi. Tapi sebagai ketua partai berharap bisa membangun Kabupaten Pasuruan bersama, dengan pimpinan vertikal, forkopimda. Harapannya, (DPRD) tentu bisa melengkapi dari perencanaan (pembangunan) saya,” kata pria yang saat ini menjabat Bupati Pasuruan kali kedu tersebut.

Sementara, Sudiono Fauzan menyatakan, bahwa dipilihnya kembali dirinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan periode 2019-2024 ini merupakan satu kepercayaan dan penghormatan.

“Sebuah kepercayaan dari pimpinan, terutama Ketua Umum DPP PKB dan Ketua DPW PKB Jawa Timur,” ucap Dion, sapaan akrabnya

Amanah itu ditegaskan oleh Dion, bakal dipertanggungjawabkan dengan cara memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat Kabupaten Pasuruan.

“Tentu saya harus menjaga nama baik PKB,” imbuhnya.

Baca: Sudiono Fauzan Tersiar Menjadi Ketua Dewan Kembali

Sekadar informasi, 9 partai politik memiliki wakil duduk di gedung DPRD Kabupaten Pasuruan yang berada di Raci. PKB meraih 15 kursi, disusul PDIP dengan 8 kursi, serta Gerindra dudukkan 7 wakilnya. Golkar dan Nasdem sama-sama menghantarkan 6 wakil. PPP merebut 4 kursi, sedang PKS hanya mampu meraih 2 kursi. Sementara Hanura dan Demokrat menempatkan masing-masing 1 wakil saja.

Sebagai pemenang, PKB dimungkinkan mendapatkan jatah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, mengulang raihan posisi jabatan yang dimiliki saat ini. Nah, posisi Dion ditunjang Daniyal sebagai Ketua Fraksi PKB, sepertinya bakal menjadi salah satu kunci mulusnya kepemimpinan Irsyad dalam ikhtiar membangun Kabupaten Pasuruan. (ono/ono)