PDIP Kota Pasuruan Buka Pendaftaran Calon Wali Kota, Ini Jadwalnya

872
Raharto Teno Prasetyo, Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi didampingi Teddy, Sekretaris dan dihadiri Eddy Paripurna, perwakilan DPD PDIP Jatim.

Pasuruan (wartabromo.com) – PDI Perjuangan sepertinya mulai menghangatkan suasana jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan (Pilwali) 2020. Partai berlambang banteng moncong putih ini membuka pendaftaran, menjaring calon Wali Kota-Wawali Kota Pasuruan.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Raharto Teno Prasetyo mengungkapkan pendaftaran ini merupakan keputusan Rapat Koordinasi Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur sebelumnya.

Dalam prosesnya, PDI Perjuangan Kota Pasuruan menyusulkannya, dengan menggelar Rapat Koordinasi Cabang Khusus di kantor yang berada di komplek pertokoan di Jalan Kartika, pada Rabu (4/9/2019).

Selanjutnya, Rakorcabsus tersebut memutuskan digelarnya penjaringan calon Wali Kota-Wawali Kota Pasuruan, berikut penjadwalannya.

Penjaringan bakal calon ini dilakukan secara terbuka dan tertutup, dan dipastikan tanpa dipungut biaya.

“Untuk jadwal, 5-7 September pembukaan pendaftaran,” ujar Teno.

Ketua cabang yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Pasuruan itu kemudian melanjutkan, setelah dua hari itu, bakal calon diberi kesempatan untuk menyerahkan berkas formulir pendaftaran, pada 8-13 September.

“Lalu 14-16 September validasi berkas;
17 September penyerahan berkas pada DPD (PDI Perjuangan Jatim),” imbuhnya.

Proses penjaringan di tubuh partai besutan Megawati Soekarnoputri ini, sepertinya dilakukan secara maraton.

Usai berkas bakal calon diserahkan, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, melakukan fit and proper test, yang digelar 18-20 September.

Mekanisme selanjutnya adalah digelarnya rapat pleno DPD selama dua hari (21-22 September).

Sehari kemudian, yakni 23 September DPD menyerahkan nama, sebagaimana hasil pleno, yang nantinya dapat diusung dan ditarungkan di Pilwali 2020 mendatang. (ono/ono)