Istimewa, Ada Bocah Bermata Biru di Puspo

1753
Fajril, bocah unik bermata biru.

Puspo (WartaBromo.com) – Bocah asal Desa/Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan memiliki fisik istimewa. Kedua lensa mata si bocah berwarna biru, berbeda dengan kedua orangtuanya.

Bocah bermata biru tersebut bernama M Zidan Fajril Ilmi (6) dan saat ini masih duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak.

Dari kejauhan, Fajril terlihat seperti anak normal sebayanya. Namun, jika didekati –lebih-lebih bertatapan mata-, maka nampak jelas ada yang berbeda dari lainnya.

Perbedaan itu karena kedua lensa mata yang dimiliki berwarna biru. Orang tuanya pun mengaku sempat terkejut mendapati Fajril memiliki keunikan, berbeda dengan bayi lain di lingkungannya.

Sebenarnya, warna lensa mata anak pasangan Muhaimin (42) dan Dzuriyati (49) itu, ketika masih bayi diungkapkan justru lebih terang dibandingkan dengan saat ini. Kala itu, beberapa tetangga sempat menyebut, mata Fajril lebih mirip bule.

Fajril saat dipangku Muhaimin ayahnya.

“Fajril anak ketiga. Sempat kaget, matanya kok berwarna biru?” ujar Muhaimin, ayahanda, mengenang keheranan saat Fajril dilahirkan, Jumat (6/9/2019).

Perasaan khawatir pun menyeruak. Muhaimin kemudian memutuskan, si bayi mata biru diperiksakan ke dokter.

Setelah melalui serangkaian pengecekan medis, Muhaimin lega, karena mata yang dimiliki putranya itu dinyatakan normal, tak ada kelainan medis.

Kondisi itu diakui berbeda dengan kedua anaknya yang lain. Lensa kedua matanya berwarna hitam, sama seperti kedua orang tua.

Tak ada turunan genetis, yang memungkinkan Fajril mendapatkan mata biru. Kakek dan neneknya juga memiliki bola mata normal.

Kini, seiring bertambahnya usia, lensa mata biru Fajrin mulai memudar, lebih didominasi warna abu-abu.

Sang ibunda, Dzuriyati menambahkan, bila Fajril memang memiliki keunikan, yakni lebih jelas tatkala melihat dalam kondisi agak gelap

“Kalau di siang hari yang terik, tanpa naungan, merasa silau matanya,” kata Dzuriyati. (ono/ono)