Cara Ampuh Melunasi Utang

4833

Pasuruan (WartaBromo.com) – Permasalahan utang, menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. Baik dari warga dengan ekonomi rendah, maupun tinggi.

Nah, setiap orang jelas memiliki hasrat untuk melunasi tanggungan supaya lebih tenang.

Chandra Putra Negara, pengusaha yang juga founder Success Before 30 ini kemudian membeberkan sejumlah trik untuk melunasi utang.

Simak trik-nya yuk!

  1. Pisahkan antara uang pekerjaan dan pribadi

Jika BoloWarmo sebagai seorang pengusaha, lebih baik pisahkan antara uang pekerjaan dengan uang pribadi. Pemasukan dari bisnis, letakkan dalam dompet atau rekening terpisah.

Selanjutnya, pastikan kebutuhan bulanan seperti pembayaran tagihan atau keperluan sehari-hari diketahui totalnya secara rinci. Point ini berlaku juga untuk karyawan yang memiliki gaji bulanan.

Penghasilan, kemudian diplot sesuai dengan kebutuhan selama sebulan. Bolo warmo bisa menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan uang sesuai plot masing-masing kebutuhan.

2. Ketahui jumlah utang dan pastikan utang tidak lebih dari penghasilan

Sebelum berutang, BoloWarmo sebaiknya memastikan jika jumlah utang ini balance dengan penghasilan. Namun, jika sudah terlanjur memiliki utang, kita bisa melakukan breakdown sebelum proses pembayaran.

Caranya bagaimana? Ketahui jumlah utang kita. Setelah itu, dikalkulasi cicilannya dalam pembayaran sebulan sekali atau per hari.

Dari situlah kemudian diketahui penghasilan yang bisa disisihkan untuk membayar utang. Termasuk nanti bisa mengatrol kebutuhan yang tidak terlalu diperlukan, untuk menutupi utang yang ada.

Nah, cara ini juga bisa mengetahui apakah penghasilan bisa sepenuhnya menutup utang. Perhitungan yang terperinci tersebut dapat memberi lecutan BoloWarmo mencari tambahan penghasilan supaya terbebas dari utang.

3. Disiplin

Point ini sangat penting dalam aspek apapun. Disiplin dan komitmen menyisihkan uang, membuat besaran utang bisa semakin berkurang.

Usahakan, setiap hari/bulan -tergantung waktu gajian-, kita sisihkan untuk membayar utang. Jangan pernah merasa bosan melunasi utang atau bahkan menambah tanggungan lain.

Selesaikan tanggunganmu satu per satu, supaya tidak kebingungan dalam mengatur keuangan.

Itu beberapa tips dan trik untuk melunasi hutang. Jangan malas bekerja untuk membayar utang ya bolo! (may/ono)