Dua Rumah di Kota Probolinggo Hangus Dilalap Api

1103

Probolinggo (wartabromo.com) – Dua rumah di Jalan Serma Abdulrahman, Kelurahan Wiroborang, Kota Probolinggo, hangus dilalap api. Dugaan sementara, api berasal dari tungku yang lupa tidak dimatikan.

Dua rumah terbakar itu rata dengan tanah, yakni milik pasutri Totok dan Juariah. Satu dari dua rumah yang roboh, merupakan rumah yang disewa oleh Riduwan dan Yeti. Titik api, diduga berasal dari rumah yang dikontrakkan ini.

Sebelum kebakaran terjadi, kondisi rumah disebut-sebut tengah kosong, ditinggal penghuninya.

“Tidak tahu pastinya, dugaan sementara dari tungku (tumang), yang dipakai di rumah ini. Kami tahunya ketika api sudah membesar dan melahap sebagian besar rumah,” kata salah satu warga, Andre, Senin, 28 Oktober 2019.

Baca Juga :   Tersulut Api Tungku, Rumah Warga Triwung Probolinggo Hangus Dilalap Api

Warga kemudian berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Hingga datang bantuan dari mobil Damkar. Kencangnya angin, dan sebagian rumah yang terdiri dari bahan mudah terbakar, membuat api sulit dipadamkan.

Bahan rumah yang terbuat dari gedek atau dinding bambu, membuat api makin membesar. Dua rumah, hangus terbakar api.

Sementara itu, dua bagian belakang rumah induk milik seorang warga bernama Totok, juga tersambar api. Namun, api pada rumah Totok masih bisa segera dipadamkan. Tidak merembet ke bagian yang lain.

Belum ada penjelasan pasti, penyebab utama dari kebakaran ini. Kerugian korban, juga belum diketahui. Proses pemadaman mengalami kesulitan. Kendala salah satunya, lantaran banyaknya warga yang melihat proses pemadaman. Api dapat dijinakkan, setelah 4 unit damkar dikerahkan. (lai/saw)