Mencicipi Si Manis Rondo Royal Asal Jawa

1199

Pasuruan (Wartabromo.com) – Mendengar kata Rondo Royal, pasti menjurus seorang janda yang sangat mewah. Jika iya, buang jauh-jauh pikiran itu.

Pasalnya, Rondo Royal merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tape yang di goreng dengan tepung beras. Makanan ini sangat terkenal di pulau Jawa.

Dalam Bahasa Jawa, Rondo artinya janda. Sedangkan Royal berkaitan dengan kemewahan, berlebihan dalam hal keuangan.

Sebutan Rondo Royal memang tak belum diketahui jelas asal-usulnya. Tapi, ada juga yang menyebut panganan ini Tape Goreng.

Dalam proses pembuatannya, Rondo Royal menggunakan bahan utama tape singkong yang telah dihaluskan. Kemudian, tape dibentuk bulatan untum selanjutnya dicelup ke adonan tepung hingga rata.

Tape yang sudah terbalut adonan tepung kemudian di goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Rondo Royal akan lebih nikmat jika disajikan selagi hangat.

Rasa jajanan satu ini sangat unik. Ada perpaduan rasa manis asam khas tape dan gurih dari tepung beras. Tekstur yang garing di luar tapi lembut di dalam, membuat jajanan ini dicintai banyak orang.

Sayang, kelezatannya tak membuat Rondo Royal bertahan di pasaran. Keberadaannya mulai jarang ditemukan. Hanya beberapa orang saja yang menjajakannya di pasar ataupun penjual gorengan di pinggir jalan.

Meski begitu, jika bolo penasaran dengan rasanya, bisa coba membuat sendiri menu camilan tradisional tersebut. Bisa disajikan sebagai teman minum teh. (bel/may)