Mau Tes SKD CPNS? Yuk Simak Kisi-kisinya di Sini

1623

Lumajang (WartaBromo.com) – Pelamar yang lolos seleksi administrasi CPNS 2019 mulai mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Ada beberapa kisi-kisi yang diberikan supaya bisa lolos SKD.

Sebanyak 100 soal pilihan ganda disiapkan dalam SKD CPNS 2019. Soal tersebut harus dikerjakan selama 90 menit, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Setidaknya ada 3 macam tes yang diujikan. Ketiganya yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) kemudian memberikan beberapa kisi-kisi. Untuk TKP, ada 35 soal yang diujikan. Penilaiannya mengikuti pelayanan publik, jejaring kerja sosial budaya. Ada juga penilaian mengenai teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

Baca Juga :   Setelah Gempa, Desa Kaliuling Dilanda Longsor

Sementara TIU memiliki 3 penilaian kemampuan. Pertama, Kemampuan Verbal yang meliputi analogi, silogisme dan analitis. Kedua kemampuan numerik yang meliputi berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatid dan soal cerita. Ketiga yaitu kemampuan figural, dengan meliputi analogy, ketidaksamaan dan serial.

Sama dengan TKP, pada TIU juga ada 35 soal yang diujikan. Sementara pada Tes Wawasan Kebangsaan, ada 30 soal saja.

Nah, pada TWK ini penilaiannya meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan. Tak hanya itu, ada juga penilaian nasionalisme, bela negara, integritas, pilar negara dan Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan SKD berbeda di setiap daerah dan lembaga. Untuk informasi tes di wilayah Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, bisa dilihat di sini ya(may/ono)