Pemkab Probolinggo Siapkan Rp72 Miliar Benahi Akses Tongas-Bromo

843

Sukapura (wartabromo.com) – Infrastruktur menuju kawasan wisata Gunung Bromo via Kabupaten Probolinggo terus dikebut. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan anggaran sebesar Rp72 miliar untuk membenahi jalan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo, melalui Kabid Bina Marga Asrul Bustami menjelaskan, proyek tersebut merupakan lanjutan dari proyek Provincial Road Improvement Maintenance (PRIM). Anggaran senilai Rp72 miliar itu, separuh dari nilai anggaran yang dikelola DPUPR pada 2020 ini.

“Perencanaannya dilakukan melalui PAK APBD 2019, saat ini masih dalam proses lelang. Semoga segera mendapatkan pemenang agar cepat dilaksanakan,” ujar Asrul kepada wartabromo.com pada Rabu, 5 Februari 2020.

Anggaran sebesar itu, kata Asrul, dipergunakan untuk rehab jalan Tongas-Bromo sepanjang 15 kilometer. Salah satu titiknya adalah titik yang telah mengalami longsor akibat hujan deras di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada tahun lalu.

“Dalam perencanaan itu, sudah masuk rehab, pemeliharaan, dan lainnya,” terang Asrul.

Sebagai informasi, perbaikan akses jalan menuju Bromo Tengger Semeru (BTS) akan disokong PRIM selama 3 tahun. Estimasi anggarannya mencapai Rp184 miliar.

Pemerintah Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) membantu anggaran proyek ini sebesar Rp70 miliar. Pada 2019 telah diselesaikan rehab jalan sepanjang 8,5 km yang dimulai dari Tongas. (saw/saw)