Alasan Moeldoko Rekomendasikan Banser Sebagai Komponen Cadangan

45319

Pandaan (WartaBromo.com) – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) rekomendasikan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU menjadi komponen cadangan (Kompcad). Struktur yang sudah terbangun jadi salah satu alasannya.

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan mengatakan, untuk menjadi komponen cadangan bukanlah hal yang sulit bagi Banser.

“Bukan hal yang sulit bagi Banser untuk menjadi komponen cadangan. Karena secara struktural sudah terbangun dan secara uniform sudah memiliki,” ujar Moeldoko di kegiatan Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin (24/02/2020).


Di samping struktur yang telah terbangun, Ia juga mengungkapkan Banser NU telah teruji, memiliki dedikasi, serta nasionalisme tinggi.

Itulah kemudian, menurutnya, jika dipersiapkan mulai awal, pastinya akan lebih mudah bagi Banser untuk masuk ke dalam komponen cadangan atau pasukan pertahanan sipil nasional.

Baca Juga :   Tak Aman, Kementerian PUPR Usulkan Bangunan yang Atapnya Ambruk Dirobohkan

“Selain kedisiplinan yang melatih secara fisik dan mental. Banser perlu diajarkan ketrampilan, seperti gunakan senjata,” sambungnya.

Bila diputuskan sebagai komponen cadangan, ia menilai, Banser bakal siap saat diperlukan, mempertahankan kedaulatan NKRI. “Jadi saya sangat setuju Banser bisa jadi Kompcad,” tandasnya.

Baca juga: Banser jadi Komponen Cadangan, Moeldoko: Saya juga akan Merekomendasikan

Terpisah, Yaqut Cholil Qoumas, Ketum PP GP Ansor mengatakan, jika Banser selalu siap membela kedaulatan NKRI. Bahkan ditegaskan, Banser selama ini telah tunjukkan peran sosial dan sikap kebangsaannya di tengah masyarakat.

“Sebelum adanya UU tentang Kompcad yang digagas oleh Kementerian Pertahanan sedari dulu Banser sudah selalu siap sebagai kompcad,” kata Gus Yaqut, panggilan karibnya. (nul/ono)

Baca Juga :   Kakek Asal Trajeng Ditemukan Tewas di Pos Ronda