Sudah Sepekan, Harga Gula di Kota Pasuruan Naik

1566

Pasuruan (wartabromo.com) – Harga gula pasir di Pasar Besar Kota Pasuruan mengalami kenaikan, Jum’at (13/03/2020). Kenaikan terjadi sejak sepekan terakhir.

Vita Desi Rosanti, pedagang Pasar Besar Kota Pasuruan mengatakan kenaikan harga gula pasir terjadi sejak seminggu yang lalu. Semula, gula pasir seharga Rp 12 ribu.

“Naik, sebelumnya Rp 12 ribu sekarang menjadi Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu,” ujar Rosanti kepada wartabromo.com.

Diketahui, kenaikan gula pasir di wilayah Kota Pasuruan, khususnya Pasar Besar Kota Pasuruan terjadi secara bertahap. Mulai Rp500 hingga Rp750 per harinya. Para pedagang menduga kenaikan gula pasir itu disebabkan karena ramainya isu corona di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga :   Sepanjang 2020, Ada 68 Peristiwa Kebakaran di Kabupaten Pasuruan

“Denger-denger katanya karena corona-corona itu,” kata Rosanti.

Sementara itu, Mualif Arif, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan menjelaskan, penyebab dari kenaikan gula pasir di Kota Pasuruan diperkirakan karena cuaca buruk di berbagai wilayah. Cuaca bisa mempengaruhi distribusi gula.

Namun, kenaikan harga gula tersebut tidak membuat stok gula pasir kurang di Kota Pasuruan.

“Stok gula sampai saat ini masih aman. Kami juga sempat berkoordinasi dengan pemprov, kalau sedianya kenaikan ini cukup ekstrem, maka biasanya ada operasi pasar. Tapi sekarang stok aman dan dirasa belum perlu,” jelas Arif. (don/may)