Pulang dari Yogyakarta, Murid SMPN 4 Kota Pasuruan Cek Kesehatan

2712

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan murid SMPN 4 Kota Pasuruan baru saja melakukan darma wisata ke Yogyakarta. Sepulangnya dari wisata, ratusan siswa berikut guru pendamping langsung dicek kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Para siswa ini berangkat ke Yogyakarta pada hari Jumat (13/03/2020) malam dan kembali ke Kota Pasuruan pada Senin (16/03/2020) pagi tadi pukul 06.00 WIB.

Kaur Kesiswaan SMPN 4 Kota Pasuruan Badrun mengatakan, ia mendapatkan kabar tadi malam supaya para siswa berikut guru pendamping yang baru pulang dari darma wisata ke Yogyakarta dicek kesehatan sebelum bertemu keluarga.

“Siswa dan guru pendamping tidak boleh berhubungan dengan siapapun sebelum dicek kesehatannya,” ujarnya.

Menggunakan 5 bus pariwisata, sebanyak 246 siswa ikut dan 18 guru pendamping yang mengikuti darma wisata ini.

Dokter Puskesmas Kebonagung Kota Pasuruan Dwinarti mengatakan, cek kesehatan itu di antaranya suhu tubuh dan radang tenggorokan.

Dari pengecekan kesehatan itu, Dwinarti memastikan kesehatan para siswa dan guru dalam kondisi baik dan menunjukkan tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Selanjutnya ia mengimbau para murid dan guru supaya terus menjaga daya tahan tubuhnya. Para guru juga diminta memantau murid-muridnya, jika ada yang mengalami gejala mencurigakan agar segera dilaporkan ke layanan fasilitas kesehatan.

“Kami juga mengimbau, selama 14 hari belajar di rumah supaya siswa-siswi tidak pergi ke luar kota terlebih dahulu,” ujarnya.

Cek kesehatan ini, dimaksudkan sebagai upaya pencegahan, menyusul mulai meluasnya penyebaran virus corona. (tof/ono)