Lawan Covid-19, Pemkab Lumajang Siapkan Rp13 M

1473
Bupati Lumajang saat uji coba bilik disinfektan. Foto : Kominfo Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang anggarkan Rp13 miliar untuk penanganan virus corona. Anggaran ini akan dikhususkan untuk memenuhi peralatan tenaga medis.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, anggaran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Anggaran sekitar Rp13 miliar itu rencananya akan kami arahkan untuk penambahan fasilitas yang diperlukan dalam menghadapi pandemik Covid-19,” jelas Cak Thoriq dalam keterangan resminya di portal LumajangKab.

Fasilitas tersebut di antaranya alat pelindung diri (APD), disinfektan, obat-obatan, makanan sehat dan lain-lain. Peralatan tersebut bakal tersedia di rumah sakit dan beberapa fasilitas umum.

“Ini anggarannya juga kita realisasikan untuk penyediaan fasilitas cuci tangan di berbagai tempat umum, agar masyarakat mudah mendapatkan akses dalam mencuci tangan,” lanjutnya.

Selain itu, nantinya Pemkab Lumajang juga akan menyediakan bilik disinfektan untuk warga. Bilik ini nantinya ditempatkan di rumah sakit dan beberapa tempat umum lain.

Setidaknya ada 16 bilik yang rencananya akan disiapkan Pemkab. Enam bilik sudah dilakukan uji coba, sementara 10 lainnya masih dipesan di Universitas Brawijaya Malang. (may/ono)