Alhamdulillah, 6 Pasien Bakal Pulang dari RSUD Bangil Meski ODP-PDP Dicatat Bertambah

3027

Pasuruan (WartaBromo.com) – Informasi terkini seputar perkembangan kasus virus corona (Covid-19) di Kabupaten Pasuruan hingga Selasa (14/04/2020) sore, pasien positif tercatat tetap 10 orang. Namun, orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan (ODP-PDP) terkait Covid-19 di Kabupaten Pasuruan terdapat lonjakan.

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, pasien positif Covid-19 tersebut sampai sekarang masih dirawat di RSUD Bangil. Sedangkan jumlah PDP bertambah 1 orang, dari 26 orang menjadi 27 orang.

Begitu pun dengan ODP. Satgas menuliskan dalam daftar ada   tambahan 15 orang, sehingga saat ini jumlahnya menjadi 106 orang, dari 91 ODP yang diungkap sehari sebelumnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, 1 orang PDP yang menambah daftar adalah seorang laki-laki, warga Kecamatan Prigen. Pria ini mengeluh sakit dengan gejala mirip Covid-19, yakni demam, flu dan batuk, disertai sesak nafas. Ia datang ke RSUD Bangil pada Senin (13/04/2020) malam.

Baca Juga :   Viral Karena Disebut Tak Islami, Begini Cara Buat Klepon yang Bikin Ngiler

“Orang ini punya riwayat perjalanan dari salah satu daerah pandemi di Jawa Timur. Kemudian kemarin malam mengeluh sakit yang gejalanya mirip Covid-19, dan langsung ke RSUD Bangil,” kata Anang, dalam Konferensi Pers di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Pasien dalam pengawasan berjumlah 27 tersebut terdiri dari 15 orang negatif hasil swab (terdiri 12 orang pulang dari RSUD Bangil dan 3 orang pulang dari RS Saiful Anwar Malang).

Kemudian PDP 6 orang baru saja dinyatakan negatif dari pemeriksaan swab. Kata Anang, keenam pasien malam ini akan pulang dari RSUD Bangil. Selanjutnya ada juga 3 orang PDP negatif (rapid test) dan masih diisolasi di RSUD Bangil.

Baca Juga :   Pasutri Terseret Longsor Tutur hingga Goweser Kopas Deklarasi Dukung Muhaimin Jadi Capres | Koran Online 7 Feb

Dari catatan angka 27 PDP, 3 orang meninggal yang dinyatakan negatif (swab) terdiri dari 2 warga Prigen dan 1 warga Lekok.

Diungkapkan oleh Anang, khusus 6 PDP yang boleh pulang malam ini sudah dirawat di RSUD Bangil sejak 27 Maret lalu dan dinyatakan boleh kembali ke keluarganya, setelah dipastikan kesehatannya dalam kondisi baik.

“Tentu menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi keluarga PDP yang hasil swab-nya negatif. Tetap waspada, jaga kesehatan dan imun, serta melaksanakan seluruh anjuran pemerintah dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Lain PDP, lain pula ODP. Meningkatnya jumlah ODP hingga 15 orang, terdiri dari 1 orang warga Tosari, 2 warga Lumbang, 2 warga Bangil, 4 warga Beji, 1 warga Puspo, 4 warga Winongan, dan 1 warga Kecamatan Gempol.

Baca Juga :   Pembunuhan di Vila Tretes, Satu Teman Korban Ditetapkan Tersangka

Sementara itu, terhadap 10 pasien positif Covid-19, Anang menegaskan, kondisi kesehatan mereka stabil.

“Mudah-mudahan segera sembuh dari virus corona, dan ketika dites rapid dan swab lagi, hasilnya menggembirakan atau negatif (swab). Kalau sudah negatif bisa pulang dan kembali ke keluarga. Itu doa kita bersama,” ungkapnya penuh harap. (mil/ono)