Berlayar dari Maluku, Satu ABK Dilaporkan Positif Corona

1215
Grafis Kasus Corona di Kota Probolinggo per 26 April 2020.

Mayangan (wartabromo.com) – Seorang anak buah kapal (ABK) di Kota Probolinggo, dilaporkan positif covid-19. ABK tersebut, sebelumnya berlayar dari Maluku.

Informasi yang dihimpun, ABK tersebut berdomisili di Kecamatan Kanigaran. Masuk ke Kota Probolinggo pada 16 Maret 2020 silam. Dengan riwayat perjalanan, dari Sumatera, Maluku, Surabaya, dan terakhir masuk Kota Probolinggo. Sekitar bulan April, yang bersangkutan mengeluh sakit, berupa batuk, mual, dan ada anemia.

“Yang bersangkutan kemudian datang ke rumah sakit, dan dilakukan pemeriksaan,” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo, dr. Abrar Kuddah, Minggu (26/4/2020) malam.

Tim RSUD dr. Moh. Saleh pun, bertindak sigap dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar penanganan pasien corona. Serta langsung melakukan rapid tes dan hasilnya positif. Maka pemeriksaan dilanjutkan dengan swab. Hasilnya pun positif juga.

Jubir menyebut, ABK yang positif ini tidak ada kaitan dengan ABK sebelumnya yang meninggal. Pihak keluarga pasien positif ini pun, sudah ditindak lanjuti oleh satgas. “Keluarga sudah diamankan, sudah kami tracing. Sejauh ini kondisi pasien secara umum dalam keadaan baik dan terkontrol,” imbuh Abrar.

Tak hanya tracking pada keluarga, satgas covid-19 juga telah melakukan rapid tes dua kali. Serta saat ini, sedang menunggu hasil swab. Kasus ABK yang positif covid-19 inipun, menambah daftar kasus positif corona, di Kota Probolinggo. dari sebelumnya hanya empat kasus, kini menjadi lima kasus. (lai/saw)