Sementara Tak Ada Ski Lot di Lekok

993
Ski lot (ski di atas lumpur) di Kecamatan y, Kabupaten Pasuruan. Foto: dokumen

Lekok (WartaBromo.com) – Pandemi corona yang tak kunjung usai menyebabkan beberapa tradisi lebaran di masyarakat terpaksa ditiadakan. Salah satunya tradisi Ski Lot di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

Camat Lekok, Fauzan mengungkapkan, kebijakan diambil, pertama, berdasarkan imbauan dari Bupati Pasuruan agar menerapkan physical distancing selama lebaran.

Kedua, pihak kecamatan telah melakukan rapat dengan pihak Muspika Lekok dan 4 desa yang biasanya melaksanakan ski di atas lumpur, tradisi yang biasanya mendatangkan ribuan warga tersebut.

“Keempat desa yang biasanya melaksanakan sepakat untuk meniadakan tradisi tersebut,” kata Fauzan saat dihubungi WartaBromo, Sabtu (30/05/2020).

Fauzan melanjutkan, tiap hari raya ketupat atau H+7 lebaran di pesisir Lekok selalu dibanjiri ribuan warga, terutama dari luar Lekok. Ada beberapa acara yang digelar selain Ski Lot, seperti petik laut, praonan, dan lomba perahu hias.

Mulai besok akses menuju 4 desa di Lekok, yakni Desa Tambak Lekok, Wates, Semedusari, dan Jatirejo, akan ditutup dan dijaga petugas. Semua warga dari luar desa yang hendak masuk akan diimbau untuk putar balik.

“Kita antisipasi penyebaran virus corona dengan physical distancing. Kita sama-sama menjaga,” imbuh Fauzan. (tof/ono)