Upacara Kemerdekaan RI, Bupati hingga OPD Lumajang Kenakan Baju Adat Nusantara

2148
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat menjadi pemimpin upacara. Foto: Kominfo Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar upacara bendera dalam rangka Kemerdekaan Indonesia ke-75. Bedanya, kali ini busana yang digunakan jajaran OPD yakni pakaian adat nusantara.

Upacara tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya upacara dilakukan di Alun-alun Lumajang dengan peserta ratusan, kali ini terlihat jauh lebih sedikit dan digelar di halaman Kantor Bupati Lumajang.

“Peringatan detik-detik proklamasi ini sangat istimewa, kerena kita dalam kondisi pandemi Covid-19, sesuai arahan Presiden semua kabupaten atau kota provinsi se Indonesia diminta untuk melaksanakan upacara secara sederhana,” kata Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono dalam keterangan di portal resmi Pemkab Lumajang.

Meski begitu, peringatan Kemerdekaan RI ke 75 tak kalah menarik. Sebab, Bupati-Wakil Bupati Lumajang dan OPD mengenakan pakaian adat nusantara. Tak lupa, protokol kesehatan dengan mengenakan masker juga diterapkan.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang terlihat mengenakan baju adat Lumajang. Kemudian Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengenakan baju adat Kalimantan Selatan.

Pun demikian, beberapa Kepala OPD yang hadir ada yang mengenakan pakaian adat Madura, wilayah Sumatera dan lain sebagainya.

Agus mengatakan, penggunaan pakaian adat ini sesuai anjuran Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan ini, meskipun diperingati secara sederhana, tetapi komitmen kita untuk memajukan indonesia, memajukan Lumajang tidak boleh surut dalam situasi pandemi,” tandasnya.

Sekadar diketahui, selain diikuti oleh OPD, upacara bendera juga diikuti peserta upacara dari TNI/POLRI dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sementara pasukan pengibar bendera hanya terdiri dari 3 orang dari Paskibraka Lumajang. (may/ono)