Ini Penyebab Bayi Sulit Menyusu Langsung dari Payudara

659

Pasuruan (Wartabromo.com) – Memutuskan untuk memberi ASI terkadang bukan hal mudah. Ada saja tantangan yang harus dilewati, termasuk kesulitan menyusui bayi langsung dari payudara.

Kira-kira, apa ya penyebabnya?

Dikutip dari kumparan, dokter spesialis anak sekaligus konsultan menyusui dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A, IBCLC, mengungkapkan, ada beberapa faktor yang membuat bayi tidak mau menyusu langsung dari payudara.

Pertama, botol dot. Ya, botol dot bisa membuat bayi sulit menyusu dari payudara.

Biasanya, ibu yang belum bisa menyusui langsung dari payudara memilih cara instan yakni menggunakan botol. Padahal, penggunaan botol dot dapat mengganggu proses menyusui langsung.

Menurut dr. Yohmi, seharusnya, seorang bayi memerlukan usaha aktif untuk mengeluarkan ASI dari payudara ibunya. Sementara ibunya, harus membantu bayi hingga bayi mampu mengisap ASI.

Sedangkan jika ibu menggunakan dot untuk menyusui, usahanya tidak terlalu besar. Pasalnya, bayi akan dengan mudah minum dari botol, tidak sesulit dari payudara.

Kedua, terlalu nyaman menggunakan botol. Nah, ketika bayi sudah mulai nyaman minum ASI dari botol, biasanya akan semakin sulit untuk memberinya ASI langsung dari payudara.

Biasanya, bayi yang sudah nyaman dengan dot 2-3 bulan, akan lebih sulit untuk kembali minum langsung dari payudara. Bottle feeding setidaknya sebelum satu bulan harus segera dihentikan dan beralih kembali ke payudara.

Jika memang seorang ibu sibuk bekerja dan kesulitan memberi ASI langsung, disarankan untuk menggunakan media lain. Bisa menggunakan sednok atau cup feeder. (bel/ono)