Kerap Tak Disadari, Pemicu Serangan Jantung Ini Bisa Berakibat Fatal

706

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penyebab umum seseorang bisa terkena serangan jantung lantaran penumpukan lemak, atau kolesterol. Siapa sangka, masih ada faktor lain yang kerap disepelekan oleh orang-orang.

Mengutip detik, gejala serangan jantung bisa langsung dan intens. Tentu, kondisi ini harus segera ditangani. Semakin lama seseorang tidak menjalani pengobatan, semakin besar kerusakannya.

Maka dari itu, yuk kenali apa saja pemicu serangan jantung yang sering dianggap enteng.

1. Polusi udara

Siapa yang menyangka, polusi udara bisa menjadi pemicu seseorang terkena serangan jantung. Pasalnya, sering menghirup udara kotor berpeluang seseorang mengalami penyumbatan arteri dan penyakit jantung.

2. Udara dingin

Selain udara kotor, udara dingin juga dapat menyebabkan arteri menyempit. Kondisi ini membuat darah lebih sulit mencapai jantung. Sementara jantung harus bekerja ekstra agar tubuh tetap hangat di tengah cuaca ekstrem.

3. Emosi yang kuat

Amarah mendalam, terlalu sedih atau sedih diketahui dapat memicu masalah jantung. Jadi, kalau tidak mau terkena serangan jantung, kontrol dan kelola emosi dengan baik, jangan terlalu berlebihan.

4. Kurang tidur

Kebiasaan memiliki jam tidur kurang, membuat tubuh lebih cepat lelah. Sebuah penelitian mengungkpakan, orang yang tidur kurang dari 6 jam memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung.

5. Makan berlebihan

Apapun yang berlebihan memang tidak diperkenankan. Ya, makan dalam porsi besar sekaligus dapat memicu tekanan meningkatkan darah dan detak jantung serta menyebabkan serangan jantung bagi beberapa orang. Apalagi makanan tinggi lemak, menyebabkan terjadinya lonjakan lemak dalam darah serta merusak pembuluh darah untuk sementara.

6. Bangun tidur

Kok bangun tidur?
Ketika bangun tidur, otak akan membanjiri tubuh dengan hormon untuk membantu bangun. Aktivitas inilah yang memberikan tekanan ekstra pada jantung. Tak hanya itu, saat bangun tidur, tubuh mengalami dehidrasi yang membuat jantung bekerja lebih keras. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih saat bangun tidur.

7. Alkohol

Konsumsi alkohol memiliki beberapa dampak bagi tubuh. Mulai dari serangan jantung, meningkatkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

So, yuk mulai hidup sehat. (bel/ono)