Empat Rumah di Tosari Rusak Akibat Longsor

845

Tosari (WartaBromo.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (10/01/2021) mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik. Tak hanya itu, beberapa rumah warga pun rusak akibat tertimpa tanah longsor.

Pantauan WartaBromo, titik-titik longsor banyak berada di jalan-jalan utama di Desa Tosari. Hingga pagi tadi, Senin (11/01/2021) ada beberapa jalan yang tertimpa material longsor. Bahkan ada yang tak bisa dilewati.

Camat Tosari, Hari Hijroh Saputro mengatakan, pihaknya bakal segera mendatangkan alat berat untuk membersihkan material longsor. Untuk di titik-titik longsor yang tidak seberapa parah, pihaknya bersama warga dan TNI melakukan kerja bakti membersihkan material longsor.

“Sampai saat ini, catatan kami longsor terjadi di 10 titik di Kecamatan Tosari,” ujar Hari kepada WartaBromo.

Baca Juga :   Temuan BPK, Aturan Jam Kerja Pegawai hingga TNBTS Nunggu Kesiapan Membuka Wisata Bromo | Koran Online 27 Juni

Selain itu, tanah longsor juga menimpa pemukiman warga yang berada di sekitar tebing. Catatan sementara, ada empat rumah warga yang tertimpa tanah longsor.

Pemilik rumah saat membersihkan sisa-sisa tanah longsor.

Empat rumah tersebut, satu rumah di Desa Baledono; satu rumah di Desa Wonokitri; dan dua rumah di Desa Tosari. Dari empat rumah itu, yang terdampak cukup parah adalah rumah di Dusun Kertoanom, Desa Tosari.

Rumah tersebut ditempati seorang warga bernama Edi Nur Harianto. Material longsor merusak cukup parah bagian depan rumahnya, hingga tembok depan rumahnya harus dibongkar total.

“Bantuan tetap kita upayakan dari BPBD Kabupaten Pasuruan yang ada di kecamatan kita salurkan ke masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat yang terkena longsor,” imbuh Hari. (tof/may)