Banjir Mulai Genangi Kecamatan Bangil, Sejumlah Warga Mengungsi

2829

 

Bangil (WartaBromo.com) – Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan menyebabkan banjir di beberapa titik.

Di antaranya di Lingkungan Ledok, Kelurahan Kidul Dalem, dan Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Rabu (3/2/2021) petang.

Baca: Sejumlah Sungai Meluap, Waspadai Banjir di Tiga Kecamatan Ini

Dari informasi yang dihimpun Wartabromo, di Dusun Ledok, air mulai menggenang sekitar pukul 18.00. Wilayah yang berdampingan dengan Sungai Kedunglarangan ini menyebabkan sebagian warga mulai mengungsi.

“Saya melaporkan di wilayah Ledok, Kiduldalem banjir mulai masuk ke kampung dan rumah warga,” ucap warga setempat dalam video yang diperoleh wartabromo.

Kondisi serupa juga dialami warga Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil. Banjir mulai menggenang sekitar pukul 18.00.

Baca Juga :   Lukis Pemimpin Adil, Siswa MTs Jadi Juara

“Habis maghrib mulai banjir, dimana kondisi sungai Kedunglarangan banjirnya sangat tinggi, airnya melimpah ruah,” kata Suaib Rizal, Ketua RW 04, desa setempat.

Banjir mulai memasuki rumah warga di 2 RW, yakni RW 04 dan RW 05. Akibatnya sekitar 50 rumah di wilayah setempat terendam banjir.

Ketinggian air di dalam rumah warga sekitar 10 cm. Belum ada tanda-tanda akan surut lantaran hujan lebat masih mengguyur.

Sementara itu debit air, kata Suaib, masih terus bertambah karena curah hujan di wilayah hulu sungai masih tinggi.

“Volume air masih terus bertambah karena curah hujan di Pandaan masih tinggi,” tandasnya.

Tak hanya perkampungan yang terendam banjir, sejumlah titik jalan penghubung desa di Kecamatan Bangil juga terendam. Di antaranya di Kelurahan Kauman, dan Kelurahan Kidul Dalem, serta Jalan Mangga di Depan Rutan Bangil. (oel/asd)