Warga Tosari Gotong Royong Bangun Terasering di Lokasi Longsor

492

 

Tosari (WartaBromo.com) – Warga di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan melakukan kerja bakti di lokasi longsor, Kamis (04/03/2021). Mereka membuat trap atau tanah yang berbentuk seperti anak tangga (terasering).

Camat Tosari, Hari Hijroh Saputro mengatakan, banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Kerja bakti pembuatan trap ini bertujuan agar tidak terjadi longsor susulan.

“Kerja bakti untuk membantu yang punya lahan, termasuk yang punya rumah,” kata Hari Hijroh.

Warga membuat trap atau menjadikan tanah seperti terasering sampai ke bawah. Selain membuat trap, warga juga membuat saluran air di sana. Sebab menurut Hari, akibat longsor kemarin, saluran air di sekitar lokasi tertutup tanah.

“Jadi yang tertutup kemarin dibuatkan saluran airnya, sehingga kalau hujan airnya tidak menggenang di situ lagi,” imbuh Hari.

Hari melanjutkan, kerja bakti hari ini dilakukan bersama kurang lebih 200-an warga. Trap dan saluran air tuntas dibuat oleh warga pada hari ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebuah tebing di dekat pemukiman di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Akibat longsor ini, sebuah garasi mobil milik warga ikut runtuh bersama tanah. (tof/may)