Pemkab Pasuruan Siapkan Infrastruktur Penunjang Candi Sumber Tetek

807

Gempol (Wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan rencanakan perbaikan infrastruktur penunjang wisata Candi Sumber Tetek, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol. Sebab, kondisi jalan menuju candi sebagian besar rusak dan sempit.

“Untuk itu, kami cek ke lokasi, mana infrastruktur yang perlu dibenahi. Kedua, untuk melihat potensi wisata situs budaya yang ada di Kabupaten Pasuruan, berupa Candi Sumber Tetek,” kata Bupati, usai meninjau Candi Sumber Tetek, Rabu (17/3/2021).

Pemkab nantinya akan mendukung pembangunan infrastruktur penunjang untuk Candi Sumber Tetek. Sebab, candi tersebut di bawah kewenangan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Termasuk di antaranya pembenahan jalan yang berlubang. Bahkan bila diperlukan, kata Bupati, juga akan dilakukan pelebaran jalan.

“Karena kewenangan candi di bawah BPCB Jatim, nanti kami akan mendukung di sisi infrastruktur, termasuk perbaikan jalan, dan kalau perlu dilebarkan. Harapannya juga ada bantuan dari Pemerintah Pusat, apakah PHJD, untuk mendukung Perpres 80 (tahun 2019) untuk pengembangan kawasan kawasan TNBTS,” tandasnya.

Dari pantauan Wartabromo, sepanjang jalan menuju Candi Sumber Tetek, melewati Desa Wonosunyo, kondisi jalan berlubang di beberapa titik. Sementara lebar jalan hanya 4 meter, sehingga untuk lalu lintas wisatawan yang menggunakan mobil terbilang tidak bisa leluasa. (oel/ono)

Baca juga: Daftar Jalan Rusak di Kabupaten Pasuruan versi Bolo Warmo, Ada Tambahan?