Ratusan Cakades Kabupaten Probolinggo Serukan Ikrar Damai

480

 

Kraksaan (wartabromo.com) – Ratusan calon kepala desa di Kabupaten Probolinggo, serukan ikrar damai pilkades serentak. Tak hanya calon kepala desa, ikrar juga diikuti tim sukses calon kades.

Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo, dilaksanakan pada 2 Mei 2021 mendatang. Dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 220 orang, untuk pilkades di 62 desa. Pelaksanaan ikrar damai, dilaksanakan secara daring, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid19.

“Ikrar ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk menentukan pemimpin yang sesuai dengan karakter desa masing-masing. Karena itu, menjadi tanggung jawab setiap individu yang terlibat dalam pilkades serentak ini, untuk mensukseskannya,” jelas Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, Minggu (18/4/2021) petang.

Lebih lanjut, bupati juga mengingatkan agar ikrar damai ini menjadi kewajiban moral dan kewajiban hukum. Bagi seluruh cakades dan timsesnya, untuk bersama-sama mengawal pilkades serentak ini. Semua diharapkan bisa menjalani pilkades serentak yang aman, sukses, dan bermartabat. Sekaligus menjadi ikhtiar agar pilkades serentak ini aman covid19.

Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminudin yang hadir dalam ikrar damai ini mengatakan, agar momen pilkades serentak benar-benar menjadi pesta demokrasi masyarakat. Ditegaskan juga, bahwa dirinya tidak berpihak pada calon kepala desa manapun.

“Sebab jika turun ke masyarakat, banyak yang minta foto bersama. Nah ini, catatan untuk forkopimda setempat. Terutama TNI dan Polri, agar tidak begitu saja percaya pada klaim masyarakat atau salah satu calon. Karena memang saya ini merupakan milik rakyat Kabupaten Probolinggo dan tidak memihak pada siapapun,” tegasnya.

Dilaksanakan di masa pandemi dan bulan Ramadan, diharapkan pilkades serentak ini sukses tanpa ada rintangan apapun. Sebagai pemimpin Kabupaten Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengajak serta masyarakat, untuk selalu menjaga sportifitas dan disiplin prokes. (lai/saw/ono)