Tips Mendidik Anak Agar Buah Hati Selalu Bahagia dan Tidak Stres

628

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Mendidik anak agar selalu bahagia tidak selalu harus memberinya kemewahan dan kemudahan. Malah kalau terlalu memanjakannya, dia akan kesulitan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri di masa depan.

Memberikan masa kecil yang bahagia sangat penting agar anak bisa tumbuh jadi orang sukses dan tidak gampang stres. Nah, sebagai orangtua, tentunya bisa melakukan sejumlah tips untuk mendidik anak agar bisa jadi anak yang bahagia.

Dinukil dari beberapa sumber, inilah tipsnya:

1. Ajak Bermain di Luar Ruangan

Berlarian di lapangan, main ayunan, main jungkat-jungkit, hingga main lumpur bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Bahkan, menurut penelitian, aroma dari alam seperti aroma pohon pinus, dan rerumputan bisa meningkatkan suasana hati anak.

2. Batasi Penggunaan Gadget

Saat sedang berkumpul atau melakukan kegiatan bersama, jangan disibukkan dengan gadget. Begitu pula saat mengerjakan PR, sebaiknya tak pakai gadget bila tak benar-benar diperlukan agar tidak ketergantungan.

3. Budayakan Selalu Mengucapkan Syukur Setiap Hari

Mengucap syukur dari hati yang terdalam setiap hari bisa membantu anak jadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia. Sebagai orang tua, bisa mengajarkan pada anak untuk senantiasa mengucapkan rasa syukur setiap hari.

4. Libatkan dalam Kegiatan Berbagai pada Sesama

Berbuat pada sesama bisa membuat anak bahagia dan kebahagiaan yang mereka rasakan bisa membuat mereka jadi pribadi yang baik hatinya. Kebiasaan berbagi pada sesama yang dibangun sejak kecil bisa membuat mereka memiliki masa kecil yang bahagia dan berarti. (trj/may)