Ciri-Ciri Kanker Kulit Paling Umum yang Harus Diwaspadai

4756
ciri kanker kulit

Pasuruan (wartabromo.com) – Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa mengancam nyawa bila tidak ditangani dengan segera. Masalah kesehatan ini biasanya muncul di bagian tubuh yang sering terpapar matahari.

Sebagaimana diketahui, umumnya gejala awal kanker kulit ditandai dengan munculnya bintik hitam menyerupai tahi lalat. Namun ternyata, setiap jenis kanker kulit memiliki ciri-ciri awal yang berbeda.

Dilansir dari halodoc.com, berikut ciri-ciri kanker kulit paling umum yang harus diwaspadai:

1. Muncul Bercak Merah yang Gatal

Ciri pertama kanker kulit yang paling mudah dideteksi adalah munculnya bercak merah yang gatal. Biasanya, bercak merah ini mudah berdarah sekalipun tidak digaruk dan akan terasa sakit.

Baca Juga :   Kemenkes Tentukan Tarif Tertinggi Rapid Test, Segini Besarannya

Berbeda dengan bercak merah yang umumnya muncul saat digigit nyamuk. Bercak merah yang menjadi ciri-ciri kanker kulit tidak kunjung hilang setelah 10 hari.

2. Terdapat Benjolan Bersisik dan Bagian Tengahnya berdarah

Selain bercak merah yang terasa gatal, cici kanker kulit berikutnya adalah munculnya benjolan di salah satu bagian tubuh. Benjolan ini lama-lama nampak bersisik, berkerak dan bagian tengahnya berdarah.

Apabila ditekan dengan jari, permukaan benjolan akan terasa empuk. Apabila meletus saat ditekan, akan muncul darah dan umumnya luka ini tidak kunjung sembuh.

3. Tahi Lalat Berukuran Lebih dari 6 Milimeter

Setiap orang pasti memiliki tahi lalat di tubuhnya. Nah, tahi lalat bawaan lahir, umumnya tidak akan berubah ukuran sekalipun seseorang terus tumbuh.

Baca Juga :   Jangan Meremehkan, Infeksi Jamur Juga Bisa Serang Paru-paru

Umumnya, tahi lalat yang menjadi ciri-ciri kanker semakin lama ukurannya semakin melebar melebihi 6 mm. Tak hanya itu, ciri ini biasanya juga disertai dengan bagian tepi tahi lalat yang berlekuk dan tidak merata.

Apabila mendapati ciri-ciri di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Sebab, dengan melakukan deteksi dini, kanker kulit masih bisa disembuhkan. (trj/may)

Baca juga: Saus Tomat Mengurangi Risiko Kanker, Benarkah?