Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Punya Moral yang Baik

1177

Pasuruan (wartabromo.com) –  Mendidik anak laki-laki memang jadi tantangan sendiri bagi orang tua. Pasalnya, karakter anak laki-laki cenderung keras, agresif, mudah setres dan sulit menenangkan diri

Dilansir dari sehatq.com, ini dikarenakan anak laki-laki memiliki hormon testosteron yang mempengaruhi emosional. Sehingga, tak jarang para orang tua kesulitan menerapkan pola didik yang tepat agar anak laki-lakinya memiliki moral baik.

Kini tak perlu bingung, berikut cara mendidik anak laki-laki yang benar:

1. Ajarkan Tanggung Jawab

Sedini mungkin, orang tua harus mengajarkan tanggung jawab perihal apa yang diperbuat anak, khususnya anak laki-laki. Adapun cara mengajarkannya bisa dimulai dari hal-hal sederhana lebih dulu.

Seperti mengajarkan untuk mengasuh hewan peliharaan atau meminta tolong padanya untuk membawakan peralatan memasak ke dapur. Seiring bertambahnya usia, tambahkan pengajaran tanggung jawab lain agar semakin terbiasa.

Baca Juga :   Sering Mengomel Dapat Mencetak Anak Sukses?

2. Berikan Peringatan Tegas atas Kosekuensi dari Setiap Tindakan

Anak laki-laki pasti diindentikkan dengan perilaku bebas dan sulit untuk dikendalikan, utamanya dalam hal pergaulan. Nah, sebaiknya janga dikekang sebab semakin besar lingkup sosial anak, maka akan semakin mudah dalam berkreatifitas.

Namun, jangan segan unuk memberikan peringatan yang tegas atas kosekuensi dari setiap tindakan yang diambilnya. Misalnya, ketika si anak bermain dan kemudian merusak mainan temannya, maka ajarkan anak untuk meminta maaf dan mengganti mainan yang sudah dirusak.

3. Ajarkan Empati

Cara mendidik anak laki-laki agar punya moral yang baik adalah dengan mengarjarkan punya rasa empati. Tanamkan sifat ini sejak kecil agar ketika dewasa si anak bisa jadi teman, suami dan ayah yang baik.

Baca Juga :   Ingin Anak Punya Otak Cerdas? Berikan Makanan Ini!

Mengingat, empati adalah kemampuan sosial yang berharga. Sifat ini dapat mencegah anak untuk melakukan hal yang bisa menyakiti perasaan orang lain. (trj/may)