Minyak Goreng Curah di Pasar Kebonagung Masih Rp22 Ribu Perliter

803
Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng per 1 februari 2022. Namun, pedagang di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan masih menjual minyak goreng curah dengan harga Rp22 ribu perliter. Pantauan wartabromo.com di lokasi, pedagang masih menjual minyak goreng curah maupun kemasan dengan harga tinggi. Migor kemasan berkisar Rp15.000 – Rp17.000 perliter, sedangkan minyak goreng curah masih berada di Rp22.000 perliternya. Sofyan (38), salah satu pedagang minyak goreng kemasan Ia mengeluh dengan ditetapkannya harga eceran tertinggi minyak goreng oleh pemerintah secara mendadak. Pasalnya, hingga saat ini harga minyak goreng yang dijualnya masih tinggi. “Ini kemasan perliter, mulai dari Rp15.000 hingga Rp17.000 masihan,” tutur Sofyan, Rabu (2/2/2022).
Baca Juga :   Produksi Udang Vaname Jadi Tren Usaha saat Pandemi
H. Sofia (48), pedagang minyak goreng kemasan juga menyebut jika migor curah hingga saat masih berada di harga Rp20.000 perliter untuk yang biasa. Sedangkan yang bagus masih tembus Rp22.000 perliter. “Masih mahal, ini aja curah yang bagus masih Rp22.000 perliter. Untuk migor yang kemasan juga susah sekarang, minim stoknya,” katanya. Sementara itu, Saifullah Yusuf Walikota Pasuruan mengatakan, masih ada harga minyak goreng yang tinggi di pasar tradisional. Hal itu disebabkan karena pedagang menjual migor dari harga bekas atau harga beli ke distributor yang lama. “Ada, apa harga yang lebih tinggi. Karena itu bekas-bekas kulakan wingenane (lusa),” kata Gus Ipul saat memantau langsung harga minyak di Pasar Kebonagung.
Baca Juga :   Harga Ayam Potong di Kota Pasuruan Tembus Rp40 ribu Perkilo
Sekadar diketahui, harga migor yang telah ditetapkan pemerintah yakni, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan sederhana, dan minyak goreng kemasan premium. Minyak goreng curah sebesar Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp14 ribu per liter. (don/may) Simak videonya: